nusabali

Australia Izinkan Warganya ke RI

  • www.nusabali.com-australia-izinkan-warganya-ke-ri

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah Australia akan mengizinkan warga negaranya untuk melakukan perjalanan ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Informasi pemberian izin warga Australia bisa masuk ke Indonesia ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Terkait dengan vaccine travel lane, mereka (Australia) akan merevitalisasi daripada turis dan mereka akan membolehkan negaranya untuk melakukan travel ke berbagai negara termasuk Indonesia, terutama mereka yang sudah dua kali divaksin," jelas Menko Airlangga dalam keterangan pers secara virtual, seperti dikutip dari Antara, Minggu (31/10).

Sebelumnya pemerintah Australia melarang warganya bepergian ke luar negeri tanpa izin. Hal ini karena adanya gelombang kedua dan ketiga pandemi Covid-19 di berbagai belahan dunia.

Namun saat ini, pemerintah Australia akan melonggarkan aturan larangan bepergian tersebut. Landasan pelonggaran karena tingkat vaksinasi yang semakin tinggi di berbagai negara termasuk Indonesia.

Airlangga mengatakan pada kesempatan itu Indonesia menyampaikan kepada Australia mengenai adanya kewajiban karantina bagi pendatang dari luar negeri. Menurut Airlangga, Australia akan mengikuti aturan karantina tersebut.

Lebih jauh Airlangga menyampaikan bahwa Australia saat ini sudah membuka akses orang Indonesia masuk di dua negara bagian yaitu di New South Wales dan Victoria.

Selain itu, kata Airlangga, Australia juga berharap mahasiswa Indonesia bisa kembali untuk belajar di Australia. *

Komentar