nusabali

Mantan Anggota DPRD Tabanan Menangkan Pilkel Pujungan

22 Desa di Tabanan Gelar Pilkel, 9 dari 18 Incumbent Tumbang

  • www.nusabali.com-mantan-anggota-dprd-tabanan-menangkan-pilkel-pujungan

TABANAN, NusaBali
Mantan anggota DPRD Tabanan dua periode 2008-2014 dan 2014 -2019 dari Partai Demokrat, I Gede Rimayasa berhasil memenangkan tarung Pemilihan Perbekel (Pilkel) Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan.

Pilkel Pujungan digelar serentak bersama 21 Pilkel lainnya di Tabanan, Minggu (31/10).  Gede Rimayasa sukses menangkan Pilkel Pujungan dengan perolehan suara 2.701. Pria asal Banjar Marga Sari, Desa Pujungan ini berhasil mengalahkan incumbent Made Wisnu Wijaya dengan selisih suara 1.481.  

Dalam Pilkel serentak di 22 desa di Tabanan ini dari 18 calon incumbent yang tarung, sebanyak 9 incumbent tumbang. Termasuk di Kecamatan Pupuan, dari enam calon incumbent, hanya satu saja yang bertahan, yakni incumbent Desa Padangan.

Gede Rimayasa mengaku bersyukur atas terpilihnya menjadi Perbekel Pujungan. Menurutnya tarung melawan incumbent tidak terlalu berat. Sebab dalam pemilihan di desanya dia menerapkan konsep santun karena apapun yang terjadi seluruhnya adalah saudaranya. “Kita tidak terlalu memainkan peran yang di luar logika, kita mengedepankan etika,” ujarnya ketika dikonfirmasi, kemarin.

Disebutkan salah satu pengaruh sehingga bisa memenangkan Pilkel Pujungan ini kemungkinan karena mantan anggota DPRD Tabanan dua periode. Selain itu sebelum menjadi anggota dewan sempat menjadi Perbekel Pujungan selama 8 tahun 2000-2008. “Mungkin masih dirasakan aura itu,” imbuh Rimayasa. Namun yang jelas kata Rimayasa yang melatar belakangi kembali menjadi perbekel karena rasa peduli dengan desa. Selain itu dia ingin kembali berbuat pada Desa Pujungan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Hal tersebut sejalan dengan program unggulan yang sudah dirancang yakni mengedepankan potensi lokal agraris di tengah pandemi Covid-19. Apalagi Desa Pujungan adalah desa yang sarat akan budaya, spiritual, pertanian dan juga desa wisata. “Jadi kita akan padukan wisata alam, pertanian, dan UMKM. Ini adalah program unggulan kita,” jelas pria kelahiran 8 Januari 1966 ini. Dia pun meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Desa Pujungan untuk sama-sama membangun desa ke arah yang lebih baik. “Sekali lagi terimakasih atas dukungannya,” jelas Gede Rimayasa yang sejak 6 bulan lalu loncat pagar dari Demokrat ke PDIP ini.

Untuk diketahui Gede Rimayasa sebelumnya adalah anggota DPRD Tabanan dari Fraksi Demokrat. Sayangnya dalam Pileg 2019 lalu, dia tak berhasil lolos ke kursi dewan.  Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tabanan, Roemi Liestyowati mengatakan secara umum pelaksanaan Pilkel serentak di 22 desa di Tabanan berjalan lancar. “Seluruhnya berjalan aman,” ujar Roemi yang mulai hari ini (1 November 2021) memasuki masa pension ini. *des

Komentar