nusabali

Menhub Cek Alur Kedatangan Turis di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-menhub-cek-alur-kedatangan-turis-di-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali.com - Meski belum ada satu pun maskapai internasional mendarat ke Bali setelah dibuka kembali 14 Oktober 2021 , kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dipantau  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu (30/10/2021).

Menteri Perhubungan yang didampingi oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose, serta Herry AY Sikado selaku General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, melihat secara rinci kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai melalui pemaparan dan simulasi alur kedatangan penumpang.

"Saya sengaja datang untuk menyaksikan tata cara turis mancanegara masuk ke Bali, untuk dapat dipersiapkan dengan baik, saya telah mengamati simulasi ini, tentu harus dikontrol secara baik agar alat bekerja secara konsisten," kata Budi Karya Sumadi setelah melihat proses alur kedatangan menggunakan sistem digitalisasi dokumen.

Selain itu menurut Menhub, perlu dilakukan sosialisasi berkaitan dengan negara-negara origin, artinya turis itu harus mendaftarkan diri sejak dari negara yang bersangkutan, selanjutnya Kemenhub akan konfirmasi dengan Kemenlu agar berkoordinasi ke pihak kedutaan yang termasuk 19 negara atau akan bertambah nantinya. 

Menhub pun mengungkapkan sangat menghargai apa yang telah dilakukan pihak PT Angkasa Pura I dan stakeholder terkait dalam mempersiapkan sarana dan prasarana menyambut wisatawan mananegara di Bandara Ngurah Rai. 

"Secara keseluruhan saya mengapresiasi upaya serius dari PT Angkasa Pura I dan stakeholder terkait, begitu kompak saya yakin dengan kekompakan ini, kita bisa melayani turis mancanegara dengan baik," ujar Menhub Budi Karya Sumadi. 

Sementara itu terkait kunjungan Menhub hari ini, General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai  Bali, Herry AY Sikado, pun turut menyampaikan laporannya kepada Menhub. "Kami terus melakukan penyempurnaan pelayanan di Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dengan bersinergi bersama stakeholder terkait, apabila ada yang kami anggap kurang akan segera kami sempurnakan," ungkap Herry.

Herry menyampaikan, Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah benar-benar siap, baik dari segi fasilitas hingga personel yang bertugas melayani penumpang, dengan mengutamakan protokol kesehatan dalam upaya turut membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah datang langsung meninjau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, tentu kami sangat terbantu atas masukan yang kami terima, sehingga pelayanan yang terus kami sempurnakan ini turut meningkatkan kepercayaan turis mancanegara datang ke Bali,”kata Herry. *adi

Komentar