nusabali

Lomba Busana Endek dan Batik Perkaya Kain Tradisional Bali

  • www.nusabali.com-lomba-busana-endek-dan-batik-perkaya-kain-tradisional-bali

Semeton Jegeg Bagus Provinsi Bali bersama Putra-Putri Batik Nusantara dan Jurusan Fashion Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar Lomba Fashion Busana Casual Endek dan Batik di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, Minggu (29/1).

DENPASAR, NusaBali    

Lomba busana ini merupakan program rutin Jegeg Bagus Bali. Yang istimewa, kali ini lomba busana itu diikuti oleh hampir 140-an peserta, jauh lebih banyak dari tahun lalu.

Ketua Panitia, Pande Putu Dwi Novigga Artha mengatakan, dalam lomba ini peserta disyaratkan untuk mengenakan busana dengan komposisi 70 persen kain batik atau endek sebagai kain yang mendominasi busana, sedangkan 30 persen lagi adalah kain polos yang menunjang penampilan busana endek atau batik itu menjadi menarik.

“Sebenarnya lomba ini untuk memberikan edukasi juga ke masyarakat, bahwa endek dan batik kita ini sangat kaya. Jadi selain untuk pakaian formal, atau pakaian adat, kedua kain ini sangat bagus dipakai busana casual. Bisa kita lihat tadi banyak sekali desain yang bagus-bagus,” ungkapnya, ditemui usai lomba.

Pande Artha menambahkan, untuk kompetisi tersebut dibagi menjadi 4 kategori. Untuk kategori A yakni anak endek diikuti 53 peserta, kategori B sebagai kategori remaja endek oleh 45 orang peserta, kemudian kategori C untuk umum endek yang diikuti 22 orang, dan kategori D (umum batik) sebanyak 15 orang.

Adapun tiga juri yang dihadirkan yakni Bintang Mirah Afriningrum, Tjok Abhi Nanda Sukawati, dan Ni Kadek Winnie Kaori Intan Mahkota.

Dari hasil penilain tim juri, pemenang lomba kategori A (endek anak) diraih oleh AA Ayu Angelica (I), Ni Putu Mira Acintya (II), Juara III Putu Lina Mediana Putri, Aa Ngurah Ramanda juara harapan III, Harapan II Dewa Putra Dameswara, dan Harapan I AA Ayu Indira Maharani.

Sedangkan Kategori B (remaja endek) diraih Putu Adi Sarjaya Harapan III, Harapan II Putu Ayu Mas Pradnyandari, Harapan I Dewa Ayu Ari Putri Gayatri. Juara III IGA Bunga Dwi Utami, Juara II IGA Dian Laksmi, Juara I Ni Made Ayu Cantika Ratih.

Sementara kategori C (umum endek) dimenangkan Harapan III Oleh Tania Leoniza, Harapan II Kadek Dyas Aditya, Harapan I Nyoman Rani Sari, Juara III Putu Hari Mahayasa, Juara II Desak Made Yulis Kusuma, Juara I Ado Faldiansia.

Serta kategori D (umum batik) diraih IGA Evita Trisna Rsi Juara Harapan III, Angelica Patricia Caroline Harapan II, Ida Ayu Ratih Harapan I, Putu Gita Maharani Juara III, Tanya Leoniza Juara II, dan Ni Made Ayu Cantika Ratih sebagai Juara I. * in

Komentar