nusabali

Sebulan Berjalan, Klungkung Nihil Klaster PTM

  • www.nusabali.com-sebulan-berjalan-klungkung-nihil-klaster-ptm

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Satgas Covid-19 dan Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkung terus mengawasi pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di semua sekolah.

Hasilnya, selama sebulan pelaksanaan PTM, belum ditemukan penularan Covid-19 klaster sekolah.   Langkah Satgas selama ini untuk memotivasi dan mengingatkan agar protokol kesehatan (prokes) selalu diterapkan. Jika ada satu siswa saja yang terpapar Covid-19 maka PTM ditiadakan sementara atau dikembalikan belajar dalam jaringan (daring). "Pelaksanaan PTM ini sudah diatur dalam SKB 4 menteri, sejauh ini tidak ada klaster Covid-19 di sekolah. Mudah-mudahan tidak akan ada," kata Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana, saat dihubungi via telepon, Kamis (28/10).

Sujana menambahkan, penerapan PTM di Klungkung sudah digelar secara serentak dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK, Senin (27/9) atau sebulan lalu. Untuk menjaga jarak selama PTM maka sekolah memerankan dobel shift, yakni pagi dan siang. Shift 1 dari pukul 08.00 Wita - 10.00 Wita, shift 2 dari pukul 11.00 Wita-13.00 Wita. Setiap hari anak anak belajar selama 4 x 30 meni

Agar pelaksanaan prokes di sekolah tidak kendor maka Tim Satgas Covid-19 bersama Disdik rutin turun ke sekolah untuk memotivasi sekaligus mengawasi. "Meskipun kasus Covid-19 sudah melandai, kita tidak boleh kendor dalam penerapan prokes," tegas Sujana.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Semarapura I Nyoman Karyawan mengatakan pelaksanaan PTM berjalan aman dan lancar. Siswa yang baru datang ke sekolah diawali daftar periksa sudah terpenuhi seperti penerapan kawasan wajib masker, termogun, pengaturan ruang kelas belajar, akses ke l Puskesmas (sudah ada MoU dengan Puskesmas Klungkung 1), MoU dengan komite, izin dari Satgas Kabupaten Klungkung, izin ortu, tempat cuci tangan, hand sanitizer, toilet, disinfectan, dan riwayat kesehatan warga sekolah.

Kepala SMPN 1 Banjarangkan I Nengah Suradnya mengatakan kegiatan PTM terbatas yang dilaksankan dengan berbagai langkah persiapan di antaranya penyusunan SOP Kegiatam PTM Terbatas yang mengacu pada SKB Empat Menteri. Sekolah melalui Tim Satgas Covid mensosilisasikan kepada warga sekolah dan orang tua siswa. Kegiatan perencanaan mencakup administrasi syarat pelaksaanaan PTM terbatas dan kesiapan sarana prasarana prokes yang berbasis kelas yang dikoordinir oleh para wali kelas. *wan

Komentar