nusabali

PHP2D Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud Dorong Inovasi Kopi Arabika Desa Mengani

  • www.nusabali.com-php2d-fakultas-ekonomi-dan-bisnis-unud-dorong-inovasi-kopi-arabika-desa-mengani

BANGLI, NusaBali.com – Untuk lebih mengembangkan komoditas kopi di Kintamani, Kabupaten Bangli, tim Wirausaha Muda (Wida) Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana mengadakan pelatihan di Desa Mengani.

“Inovasinya adalah membuat suatu produk kopi celup dan roasted bean (biji sangrai) jenis arabika,” ujar I Gede Nandya Oktora, dosen pembimbing dalam program pelatihan yang melibatkan 13 mahasiswa ini.

Pelatihan yang diselenggarakan pada Selasa (26/10/2021) diikuti oleh perwakilan dari kelompok petani setempat, serta perwakilan dari tokoh masyarakat, serta Kepala Desa Mengani.

Tidak hanya melakukan pelatihan pengembangan kopi arabika, tim Wida juga turut melakukan pelatihan pemasaran terhadap produk kopi celup dan roasted bean tersebut. “Sebelumnya sudah sempat melakukan sosialisasi PHP2D pada bulan Agustus hingga 10 Oktober 2021,” ujar I Gede Nandya Oktora.

I Gede Nandya Oktora pun menambahkan, bahwa ada kegiatan lain yang dilaksanakan pada kegiatan PHP2D oleh tim Wida tersebut, yakni pengajuan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bangli guna memfasilitasi produk kopi celup dan roasted bean Desa Mengani yang sedang dikembangkan tersebut. “Pada akhir kegiatan di bulan November 2021 mendatang, tim Wida juga turut menyerahkan mesin yang digunakan untuk menunjang kegiatan produksi kopi celup dan roasted bean tersebut, serta menyerahkan materi PIRT yang telah diajukan,” ujarnya.

I Gede Nandya Oktora pun berharap, dengan diadakannya kegiatan pelatihan tersebut dapat menambah wawasan masyarakat setempat, dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Mengani dalam hal ini potensi terhadap komoditi tanaman kopi arabika. Serta diharapkan dapat membantu masyarakat terkait untuk aktif, mandiri, dan berwirausaha secara kreatif. “Produk kopi celup dan roasted bean tersebut untuk ke depannya diharapkan dapat menjadi produk unggulan milik Desa Mengani,” tutup I Gede Nandya Oktora.

Perlu diketahui sebelumnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang tergabung dalam Tim Wida, telah berhasil lolos dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dan telah menerima bantuan dana hibah dari pemerintah untuk membantu masyarakat Desa Mengani.

Tidak hanya dari pemerintah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana juga turut serta membantu mahasiswanya demi kelancaran program kerja yang telah direncanakan oleh Tim WIDA PHP2D. Dan proses seleksi proposal Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa pun telah terlaksana pada bulan Maret hingga April 2021. *rma

Komentar