nusabali

Timnas U-23 Diminta Tak Takut Hadapi Australia di Leg Kedua

  • www.nusabali.com-timnas-u-23-diminta-tak-takut-hadapi-australia-di-leg-kedua

DUSHANBE, NusaBali
Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong meminta skuadnya tidak minder dan lebih percaya diri menghadapi para pemain Australia yang tinggi dan besar.

Ya, setelah kalah 2-3 pada leg pertama, Timnas U-23 akan kembali melawan Australia pada laga leg kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Jumat (29/10) malam WITA, di Stadion Republican Central Dushanbe, Tajikistan.

"Seharusnya itu dapat dilakukan karena kami mampu membuat dua gol pada pertemuan pertama. Pemain mesti yakin pada diri sendiri dan tim," ujar Shin Tae-yong, di laman PSSI, Rabu (27/10).

"Padahal para pemain sudah punya kemampuan yang baik, tapi karena takut duluan sebelum bertanding," kata Shin.

Pelatih asal Korea Selatan itu tidak mau mentalitas anak-anak asuhnya seperti saat dikalahkan Australia 2-3. Saat itu, Shin menilai Amiruddin Bagus dkk gentar sejak awal laga karena menghadapi lawan dengan fisik kuat dan besar.

"Karena itulah membuat mereka tak bisa mengeluarkan performa maksimal," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Namun sikap pemain Indonesia yang pantang menyerah sampai akhir pun membuat Shin melontarkan pujian. Dia mengaku tidak senang timnya kalah. Namun Shin memuji pemain yang tidak menyerah sampai akhir.

Shin Tae-yong masih punya harapan meloloskan Timnas U-23. Meski kalah segala-galanya, semangat juang tim asuhannya masih mampu memberi perlawanan. Hal itu diharapkan kembali ditunjukkan pada pertemuan kedua. Sedangkan kekurangan dari leg pertama menjadi bahan evaluasi tersendiri yang akan diatasi.

Timnas U-23 masih berpeluang lolos ke Piala Asia U-23 2022. Syaratnya, skuad Garuda Muda mesti menang minimal dengan keunggulan dua gol. Jika Timnas menang satu gol, laga akan langsung berlanjut ke adu penalti tanpa perpanjangan waktu. *ant

Komentar