nusabali

Sekda Budiasa Pimpin Pramuka Jembrana

Mantan Wabup Kembang Hartawan Mundur

  • www.nusabali.com-sekda-budiasa-pimpin-pramuka-jembrana

NEGARA, NusaBali
Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Bali menggelar Musyawarah Luar Biasa (Muslub) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Jembrana Tahun 2021 di Sekretariat Kwarcab Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (27/10).

Muslub untuk memilih Ketua dan Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana masa bhakti 2021-2026. Muslub memilih Sekda I Made Budiasa sebagai ketua.  Muslub dihadiri Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali I Made Rentin, dibuka oleh Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat). Turut hadir dalam pembukaan Muslub tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jembrana Triono Rahyudi, Wakapolres Jembrana Kompol Marzel Doni, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana Ni Nengah Wartini, para Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana dan Ranting Pramuka se-Jembrana.

Ketua Panitia I Nengah Dwi Yadnya mengatakan, Muslub Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana ini diselenggarakan karena ada kevakuman pengurus Kwarcab Jembrana masa bhakti 2017-2022. Begitu juga Ketua Kwarcab Jembrana sebelumnya yakni, I Made Kembang Hartawan yang juga mantan Wakil Bupati Jembrana, telah memutuskan mengundurkan diri pada tahun 2021. Berkenaan hal tersebut, sesuai dengan persetujuan Kwarda Bali, disepakati menggelar Muslub untuk membahas pemilihan Ketua serta Pengurus Kwarcab Jembrana masa bhakti 2021-2026 serta untuk mengevaluasi dan merumuskan program kerja 5 tahun ke depan.

Wabup Ipat saat membuka kegiatan Muslub tersebut, mengatakan, gerakan pramuka mempunyai tugas pokok mendidik karakter kaum muda agar mampu mencetak entrepreneur. Menurutnya, dalam membuat program-program gerakan pramuka saat ini, tidak bisa sama ketika gerakan pramuka baru dilahirkan. Namun perlu terobosan baru agar pramuka diminati oleh kaum muda. Bagaimana pramuka mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak terkesan kuno di era globalisasi saat ini.

Jelas dia, Pramuka harus dapat menangkap fenomena itu dalam era kebebasan berkomunikasi. Dimana kaum muda lebih banyak berinteraksi melalui sosial media. Hal itu tentu menuntut pembina Pramuka harus dapat selalu meningkatkan kreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi. ‘’Sehingga kaum muda bangga menjadi anggota Pramuka,” ucap Wabup Ipat.

Melalui Muslub ini, Wabup Ipat berharap menjadi evaluasi program kerja ke depannya. Dirinya pun berharap gerakan pramuka ke depan berjalan lebih baik. Begitu juga terjalin komunikasi yang baik dan anggota gerakan pramuka harus bisa terus bertransformasi pada kegiatan-kegiatan kepramukaan. “Untuk itu saya harapkan seluruh peserta Muslub untuk dapat mengikuti dengan baik acara ini. Sehingga mampu mewujudkan masyarakat berkepribadian baik, berkarakter, berwatak, handal dalam berpikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara,” ujarnya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali I Made Rentin  mengatakan, Muslub ini adalah sebagai forum berdiskusi dalam penyampaian hasil kinerja pengurus yang sebelumnya dan penyampaian pembahasan perencanaan program kerja ke depan. Dirinya pun berharap Muslub ini berlangsung cepat, singkat dan efisien dengan tetap mengedepankan musyawarah dan semangat gotong royong.

Untuk diketahui, dalam Muslub Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana Tahun 2021 itu, dilakukan pemilihan Ketua dan Pengurus secara musyawarah mufakat. Sesuai hasil musyawarah Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana dan Ranting Pramuka se-Jembrana, sepakat memilih I Made Budiasa yang juga Sekda Jembrana sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Jembrana masa bhakti 2021-2026. Sementara untuk jajaran Wakil Ketua masih didominasi pengurus yang lama. Begitu juga untuk Sekretaris tetap dipercayakan kepada Ida Bagus Ketut Surya Putra. Sedangkan untuk Bendahara dipercayakan kepada I Ketut Sukmayasa yang sebelumnya masuk sebagai anggota Komisi Cabang Urusan Organisasi Kwarcab Jembrana.*ode

Komentar