nusabali

Kota Denpasar Masuk Nominasi Anugerah Tangguh Adhiwirasana

  • www.nusabali.com-kota-denpasar-masuk-nominasi-anugerah-tangguh-adhiwirasana

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar masuk nominasi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana 2021 terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pemkot masuk nominasi setelah melalui penilaian kinerja dan dianggap salah satu kota yang mampu menanggulangi Covid-19. Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana Anugerah Tangguh Adhiwirasana I Nyoman Gede Agus Asrama saat Sosialisasi Tahapan Penjurian Sesi Wawancara yang digelar secara virtual, Rabu (27/10). Dikatakannya, pelaksanaan seleksi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dilaksanakan dengan menjaring 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi seluruh Indonesia berdasarkan kinerja daerah melalui 19 indikator. Penanganan kesehatan sebanyak 9 indikator, pemulihan ekonomi sebanyak 4 indikator, dan peningkatan kesejahteraan sosial sebanyak 6 indikator. “Terpilih sebanyak 57 kabupaten/kota serta 20 provinsi yang dibagi berdasarkan rayon untuk melakukan pengisian kuesioner self assessment sebagai penjaringan tahap 2 yang kemudian dinilai oleh para panelis penilai,” kata Agus Asrama.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, dari 77 kabupaten/kota dan provinsi yang telah mengikuti self assessment, Kota Denpasar masuk dalam 30 besar nominasi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana.

Gus Joni menjelaskan, dalam pelaksanaan self assessment, Kota Denpasar menampilkan beragam inovasi serta terobosan penanganan pandemi Covid-19. Hal ini utamanya berkaitan dengan penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi, serta peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. “Hal ini berkaitan dengan beragam inovasi serta kebijakan yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam mendukung optimalisasi penanganan pandemi Covid-19,” ucap Gus Joni.

Inovasi dan kebijakan yang dimaksud di antaranya penerapan isolasi terpusat, optimalisasi inovasi Jaga Baya, pemberian vitamin dan obat-obatan, percepatan program vaksinasi Covid-19, serta implementasi aplikasi PeduliLindungi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Selanjutnya, dalam bidang pemulihan ekonomi, Pemkot Denpasar juga telah melaksanakan beragam terobosan. Seperti halnya berbagai event promosi UMKM Denpasar, serta pelaksanaan D-Youth Fest sebagai ajang kreativitas dan promosi bagi pelaku UMKM. Sedangkan dalam bidang peningkatan kesejahteraan sosial, Pemkot Denpasar juga telah menyalurkan berbagai bantuan, baik dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemkot Denpasar sendiri.

Bantuan dimaksud mulai dari BLT Dana Desa, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), BLT APBD Kota Denpasar, serta pembuatan dapur umum. “Tentu kami berharap tahapan selanjutnya yakni wawancara dapat berjalan lancar dan Kota Denpasar dapat ditetapkan sebagai penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana,” tandas Gus Joni. *mis

Komentar