nusabali

Songsong Pemilu 2024, KPU Dorong Mantan Perbekel Masuk Caleg

  • www.nusabali.com-songsong-pemilu-2024-kpu-dorong-mantan-perbekel-masuk-caleg

AMLAPURA, NusaBali
KPU Karangasem gelar safari songsong Pemilu Legislatif 2024 dengan menyosialisasikan syarat jadi calon legislatif, dan mendorong mantan perbekel atau perbekel yang akan berakhir masa jabatannya tahun 2022, masuk caleg untuk membuktikan dirinya masih memiliki dukungan militan.

Safari awal digelar di Gedung Sorgades (Sarana Olahraga Desa) Kantor Desa Bebandem, Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (27/10) pukul 09.00 Wita.


KPU Karangasem dikoordinasikan Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik I Gede Krisna Adi Widana didampingi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Putu Deasy Natalia, dan Divisi Teknis Penyelenggaraan I Putu Darma Budiasa.

Walau tahapan Pemilu Legislatif 2024 belum ditetapkan, tetapi KPU memiliki kepentingan agar sejak awal muncul caleg-caleg tenaga segar untuk mewarnai pesta demokrasi. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi sehingga indeks demokrasi di Karangasem meningkat.

Gede Krisna menegaskan, hanya empat syarat agar bisa sukses sebagai caleg, yakni, kuasai regulasi, kuasai pemetaan kekuatan calon yang ikut berlaga, kuasai penyelenggaraan, dan kuasai data pemilih.

“Jika keempat syarat caleg itu mampu dikuasai, dengan mudah bisa melenggang rebut kursi legislatif,” ucap Gede Krisna.

Dia juga memaparkan, ada enam opsi mengenai surat suara yang nantinya akan digunakan, tiga opsi dengan cara menulis calon, 1 opsi dengan cara mencontreng, dan 2 opsi dengan cara coblos.

Perbekel Bebandem I Gede Partadana yang masa jabatannya berakhir 22 Juni 2022, masih mempertimbangkan dorongan KPU untuk maju di Pemilu Legislatif 2024. Tantangannya masih adanya indikasi politik pragmatis, ada dugaan main mata dengan penyelenggara, intimidasi penguasa, dan yang lainnya. “Banyak pertimbangannya untuk menjadi caleg, tidak sekadar menguasai empat ketentuan yang dibeberkan KPU. Itu kan sifatnya teori, implementasi di lapangan jadi beda setelah berhadapan dengan masyarakat,” kata Partadana.

Pertemuan itu dihadiri Camat Bebandem I Gusti Ayu Putu Wija Sri Anjani, perbekel se-Kecamatan Bebandem, sejumlah anggota BPD, MDA, PKK, dan karang taruna.

Safari berikutnya akan diteruskan ke kecamatan lain, hingga tuntas di delapan kecamatan se-Karangasem. *k16

Komentar