nusabali

Pengprov Rugby Rancang Gelar Kejuaraan Internasional

  • www.nusabali.com-pengprov-rugby-rancang-gelar-kejuaraan-internasional

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Rugby Bali merancang kembali menggelar kejuaraan Internasional Rugby 10 pada Oktober tahun depan.

Kejuaraan itu sudah jadi agenda tahunan Pengprov PRUI Bali.  "Kejuaraan ini agenda rutin tahunan, tapi pada Oktober 2020 dan Oktober 2021 tidak terselenggara karena situasi pandemi Covid-19. Mudah-mudahan tahun depan bisa terlaksana lagi," kata Ketua Harian Pengprov PRUI Bali, Gede Wira Ditta Lokantara, Rabu (27/10).

Menurut Ditta Lokantara, ada tujuh negara yang akan diundang, yakni Singapura, Selandia Baru, Australia, Malaysia, Afrika Selatan, Thailand dan Filipina. Negara-negara tersebut dikenal memiliki atlet rugby profesional yang bagus.

Menurut Ditta Lokantara, tim rugby Bali sangat berkepentingan untuk mendapatkan lawan-lawan yang tangguh. Selain itu, juga untuk meningkatkan jam terbang atlet.

"Kita sengaja fasilitasi dan dorong aktif di kejuaraan internasional, sehingga atmosfir pertandingan level internasional akan lebih terasa," kata Ditta Lokantara.

Menurutnya, kejuaraan ini juga untuk mempromosikan rugby di tengah-tengah masyarakat agar lebih dikenal luas. Sedangkan untuk lokasi bertanding, kata Ditta Lokantara, pihaknya masih mencari tempat yang representatif dan mudah dijangkau. Pada kejuaraan sebelumnya digelar di Lapangan Samudera, Kuta Badung.

"Kejuaraan Rugby internasional akan pertandingkan putra dan putri. Dengan harapan jam terbang dan level bermain permainan tim Rugby Bali bisa mendekati level dunia," kata Ditta Lokantara.

Ketua Umum Pengprov PRUI Bali, I Made Erawan mengakui banyak peserta yang ingin bergabung ambil bagian jika kejuaraan digelar di Bali. Untuk itu pihaknya akan berusaha mencarikan sponsor untuk menyukseskan kejuaraan tersebut.

Erawan yang juga Sekum KONI Gianyar berharap dengan harapan eksistensi cabor Rugby lebih dikenal lagi gaungnya di Bali. Kata dia, apalagi ada keinginan agar lebih terdengar seperti kejuaraan sepak bola meriahnya. *dek

Komentar