nusabali

Road Sweeper DLHK Kota Denpasar Ubah Jam Operasional

  • www.nusabali.com-road-sweeper-dlhk-kota-denpasar-ubah-jam-operasional

DENPASAR, NusaBali.com – Tak seperti biasanya yang bekerja dini hari,  kendaraan penyapu jalan (road sweeper) beroperasi di seputaran titik nol Kota Denpasar, Patung Catur Muka, Selasa (26/10/2021) pagi.

“Kami mundurkan (jam kerja road sweeper) karena sekarang tim penyapuan jalan berhenti bekerja jam 09.00, kemudian langsung masuk road sweeper supaya kebersihan jalan tetap terjaga,” terang Kepala DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa, Rabu (27/10/2021).

Ditambahkan Wirabawa, jika mobil road sweeper akan bekerja membersihkan jalan protokol Kota Denpasar hingga sore hari. Namun, tidak semua armada road sweeper yang berjumlah Dua buah jam beroperasinya dimundurkan. Satu kendaraan yang biasa beroperasi di seputaran Jalan Bypass Ngurah Rai, Padanggalak, tetap dioperasikan dini hari mengingat kepadatan dan kecepatan lalu lintas yang tidak memungkinkan untuk mengoperasikan mobil road sweeper.

Adapun mobil road sweeper DLHK Denpasar hanya dioperasikan di jalan protokol Denpasar. Selain di seputaran Padanggalak, jalan protokol yang disasar adalah Jalan Gajah Mada, Jalan Veteran, dan lainnya.

Dua mobil road sweeper milik DLHK Denpasar yang sebenarnya sudah bekerja sejak 2019 ini merupakan mobil buatan Italia dengan merk Dulevo 850. Selain digunakan untuk membersihkan sampah maupun menyemprot jalan raya, mobil ini juga digunakan untuk menyedot kerikil sekaligus penetralisir debu.

“Road sweeper ini bisa digunakan untuk menyedot debu, pasir, dan dedaunan,” terang Wirabawa. Dijelaskan, selain untuk menyapu jalan, mobil ini juga bisa digunakan untuk menyemprot jalan raya, membersihkan trotoar hingga menyedot air di jalan.

Cara kerjanya yakni dengan menggunakan sapu hidrolik yang berada di depan bumper mobil dan sayap mobil yang menggiring kotoran masuk ke dalam mesin penyedot. Untuk kapasitas dari mobil milik DLHK Denpasar ini, yakni 2 meter kubik.

Wirabawa berharap dengan adanya pembersihan secara rutin yang dilakukan oleh pihaknya, masyarakat merasa semakin nyaman melewati jalanan protokol di Kota Denpasar. “Semoga dengan terjaganya kebersihan dan keindahan masyarakat semakin nyaman untuk beraktivitas di Kota Denpasar,” tandas Kadis Wirabawa. *adi

Komentar