nusabali

7 Siswa SLB Jimbaran Ikut Lomba Tingkat Nasional

Mulai dari Membuat Kue, Membatik, dan Merias Wajah

  • www.nusabali.com-7-siswa-slb-jimbaran-ikut-lomba-tingkat-nasional

MANGUPURA, NusaBali
Sejumlah siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Badung, mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN-PDBK) Tahun 2021.

Lomba yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek secara daring itu meloloskan 7 orang siswa dari 9 kategori yang diperlombakan. Kepala SLB Negeri 1 Badung Ni Nyoman Suwastarini, mengatakan ada 7 kagetori dari 9 kategori yang diperlombakan dalam LKSN-PDBK yang diikuti oleh peserta didiknya. Menurutnya, 7 siswa yang ikut lomba itu melewati berbagai proses seleksi di tingkat Provinsi. Proses seleksi sendiri dilakukan pada Juni 2021 lalu dan diikuti oleh 13 SLB yang ada diseluruh Pulau Dewata. “Dari hasil seleksi itulah, keluar 7 siswa dari SLB Jimbaran yang mewakili Provinsi Bali ke nasional,” kata Suwastarini.

Masih menurut Suwastarini, proses seleksi sendiri tergolong cukup ketat, karena usia peserta tidak boleh di atas 21 tahun dan kreasi mereka harus menampilkan yang terbaik. “Rangkaian lomba ini sudah jauh hari. Anak-anak kita mengikuti seleksi dan bersaing dengan SLB lainnya. Ya, karena kreativitas anak-anak kita sangat baik, akhirnya mewakili Bali ke nasional,” katanya lagi.

Dijelaskan, 7 siswa yang ikut masing-masing bernama Andita Ayu Widnyani (kategori membatik), Gusti Lanang Rai (Krya Kayu), Feni Anggraini (kategori tata busana), Idgam Zamrani (IT), Komang Septiana (kategori hantaran) Ketut Anom Juliana (kategori tata boga) dan Cecilia Astrid (kategori kecantikan. Untuk hasil lomba itu, lanjut Suwastarini, akan diumumkan pada 28 Oktober 2021 secara virtual.

“Pada 25 Oktober 2021 itu sudah dalam proses penilaian oleh juri di pusat. Jadi, dilihat semua karya yang ikut, termasuk anak-anak kita. Nantinya 28 Oktober 2021 diumumkan secara virtual,” beber Suwastarini.

Suwastarini mengaku, untuk peserta didik di SLB Jimbaran ini kerap mengikuti berbagai perlombaan tingkat provinsi maupun nasional. Untuk lomba LKSN-PDBK ini, SLB Jimbaran mulai mengikuti sejak tahun 2015 silam dan pernah juara nasional pada tahun 2017. Dia berharap dengan adanya keikutsertaan kali ini, bisa meraih kembali juara untuk berbagai kategori itu. “Karya anak-anak kami di SLB ini sangat baik. Jadi, kita berharap kembali juara dalam lomba kali ini,” harapnya. *dar

Komentar