nusabali

Wisman Australia 'Angin Segar' untuk Bali

  • www.nusabali.com-wisman-australia-angin-segar-untuk-bali

DENPASAR, NusaBali
Bali Villa Association  (BVA) bergembira dengan rencana Pemerintah Australia  yang akan mengizinkan warga negaranya untuk bepergian ke luar negeri, khususnya ke Bali atau Indonesia.

“Ini angin segar bagi kita, pelaku pariwisata Bali,” ujar Ketua BVA Bali Putu Gede Hendrawan, Senin (26/10).

Wisman, khususnya wisatawan Australia kata  Jro Hendrawan-sapaan Putu Gede Hendrawan, merupakan salah satu main market atau pasar utama pariwisata Bali. Selain wisman dari negara-negara lainnya.

“Karena wisman terbanyak yang datang ke Bali adalah wisman Australia,” ujar praktisi asal Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Menurut Jro Hendrawan, hal itu tidak terlepas dari faktor kedekatan geografis.  Dimana jarak penerbangan dari Australia  ke Bali, salah satu yang terdekat dibanding dengan tujuan wisata di negara lain.

Kedekatan jarak ini kata Jro Hendrawan, tentu terkait juga dengan efektivitas anggaran atau budget, sehingga wisman Australia tentu akan memilih yang terdekat dulu, yakni Bali. “Ini kesempatan  besar untuk memulai menerima wisman,” lanjutnya.

Sebagai langkah awal, Pemerintah diharap segera melakukan koordinasi  dengan pihak  Australia bagaimana role prosedur yang disepakati antar dua negara, jika warga Australia melakukan perjalanan ke Indonesia.

“Sehingga kita dapat mengantipasi, walaupun  kita sudah memiliki ketetapan atau protap yang sudah jelas menerima warga asing yang masuk ke Indonesia.”.

Dan yang terpenting, Pemerintah sudah bisa nanti menerbitkan visa perjalanan wisata untuk warga Australia. Karena saat ini yang masih berlaku visa untuk hal yang esensential saja.  BVA meminta agar visa holiday untuk warga Australia bisa dipertimbangkan untuk disiapkan, mengantisipasi kedatangan wisman Australia.

“Kami rasa mereka (Australia) sudah double vaksin dan tracing ketat,” kata Putu Gede Hendrawan.
Sebagaimana diketahui Pemerintah Australia, rencananya  mengizinkan warga negaranya untuk bepergian ke luar negeri khususnya ke Indonesia, termasuk Bali, menyusul perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19.  Rencana tersebut  terungkap dari surat Konsulat Australia di Denpasar kepada Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa tertanggal 21 Oktober 2021. *K17

Komentar