nusabali

Bupati Suwirta Tanam Padi Pakai Pupuk TOSS

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tanam-padi-pakai-pupuk-toss

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar penanaman padi di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (23/7).

Bupati didampingi Kadis Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida. Penanaman padi kali perdana menggunakan 100 persen pupuk organik hasil olahan TOSS Center. "Penanaman padi ini merupakan salah satu implementasi Perda Provinsi Bali No 8 tahun 2019 tentang sistem pertanian organik," kata Bupati Suwirta.

Pemkab Klungkung akan memanfaatkan lahan pada TOSS Center ini dengan sebaik-baiknya untuk pertanian organik dan hasil pertanian organik tersebut akan terus dievaluasi. "Saya mengharapkan hasil panen padi dan tanaman lainnya dengan menggunakan pupuk organik pada lahan TOSS Center memperoleh hasil yang baik," harap Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana menyampaikan padi yang ditanam di lahan TOSS Center seluas 20 are menggunakan varietas M70D, dan 100 persen menggunakan pupuk organik hasil olahan TOSS Center. "Penanaman padi menggunakan dua sistem yakni secara manual dan menggunakan mesin tanam padi jarwo," kata Suadnyana.

TOSS Center mampu memproduksi sejumlah pupuk organik dari hasil pengolahan sampah organik. Di antaranya Pupuk Osaki yakni sampah organik yang diolah dengan teknologi dari Jepang. Pupuk Curah yakni sampah organik yang difermentasi selama tiga hari untuk selanjutnya dicacah. Pupuk Black Gold yang merupakan campuran pupuk curah dengan tinja yang telah melalui proses fermentasi. *wan

Komentar