nusabali

Wisata Edukasi, Komunitas Driver Pariwisata Ajak Yatim Piatu ke Bali Zoo

  • www.nusabali.com-wisata-edukasi-komunitas-driver-pariwisata-ajak-yatim-piatu-ke-bali-zoo

GIANYAR, NusaBali.com –Bali Zoo Gianyar diserbu puluhan anak-anak yatim piatu pada Minggu (24/10/2021).Bersama wisatawan lainnya, anak-anak ini terlihat riang bisa melihat langsung berbagai koleksi kebun binatang yang berada di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati ini.

Kehadiran 40 anak yatim piatu dari  Panti Asuhan Pendidikan KH M Manshur (YAPPA)  plus 5 yatim piatu dari Karangasem, diinisiasi oleh tiga komunitas driver pariwisata, yakni, Honey Money Bali, Rajawali Trans Bali (RTB), dan Bro Dewata.   

“Kami  mengajak anak anak yatim piatu untuk berwisata bersama dan memberikan edukasi tentang satwa. Dan kami juga mendapat support dari Bali Zoo,” kata Firman Pane, perwakilan dari Honey Money. 

Kedatangan anak yatim piatu ini pun diantar jemput oleh 12 kendaraan roda empat dari tiga komunitas driver pariwisata tersebut. Selama lima jam di Bali Zoo, anak-anak yatim piatu itu pun bisa memberi makan rusa di Deer Park, hingga melihat singa di padang savana bernuansa Afrika. 

“Savana ini adalah areal favorit bagi pengunjung,” ungkap Dedi Ramlan, Operation Manager Bali Zoo. 

Sinergi antara komunitas driver pariwisata dan Bali Zoo ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada 2020, puluhan yatim piatu juga diajak berwisata di lokasi yang menjadi salah satu favorit wisatawan di Bali ini.  

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak dan juga menjadi kebahagiaan tersendiri buat mereka,” ujar Ery Budi Sisworo,  perwakilan RTB. 

Secara keseluruhan, aksi sosial di tengah pandemi ini menjadi program kelima komunitas yang sebenarnya juga terimbas ekonomi sejak Maret 2020. Aksi lain yang dilakukan sebelumnya adalah donor darah dan berbagi sembako .

“Kami memang mengalami kesulitan sejak pandemi, bahkan banyak mobil anggota yang sudah ditarik leasing,” ungkap Hendra Djoko Susilo, Ketua Bro Dewata. “Namun kami tetap ingin berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu, karena kami menyadari bahwa di tengah kondisi buruk ini, ada yang merasakan lebih berat lagi,” tambah Hendra.

Hendra pun menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai wahana edukasi agar anak-anak juga mengerti jika satwa juga punya peran penting dalam kehidupan di dunia dalam menjaga ekosistem.

Di akhir liburan seharian itu, anak-anak yatim piatu yang berprestasi pun mendapatkan hadiah yang sangat beda, yakni, naik gajah.  “Diharapkan dengan hadiah yg diberikan ini menambah menjadi motivasi buat anak anak yang lain untuk bisa berprestasi di bidang pelajaran,” tambah Hendra.

Sementara itu perwakilan dari Panti Asuhan KH M Manshur Putra Denpasar, Budi Utama, mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan ini.  

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh rekan-rekan dengan mengajak kami liburan dan memberikan edukasi tentang satwa di Bali Zoo. Semoga selalu dapat menjalin silaturahmi dan bisa membahagiakan antar sesama," kata Budi Utama. *mao

Komentar