nusabali

Sebanyak 30 Orang Tukarkan 78 Kg Sampah Plastik dengan Beras

  • www.nusabali.com-sebanyak-30-orang-tukarkan-78-kg-sampah-plastik-dengan-beras

SINGARAJA, NusaBali
Bank Sampah Balawa Indah dengan komunitas Rice for Bali, menggelar kegiatan penukaran sampah dengan beras di Banjar Dinas Lambo, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng, Sabtu (23/10) siang sekitar pukul 14.00 Wita.

Puluhan warga antusias membawa sampah rumah tangga mereka yang tak lagi termanfaatkan ke Bank Sampah Balawa Indah untuk ditukar dengan beras.

Direktur Bank Sampah Balawa Indah Arya Kekan, mengatakan dalam kegiatan penukaran sampah dengan beras ini sebanyak 78 kilogram sampah plastik berhasil terkumpul. Puluhan kilogram sampah plastik tersebut ditukar oleh sedikitnya 30 orang warga. Masing-masing orang, menukar sampah yang mereka bawa dengan 5 kilogram beras.

“Kegiatan tukar sampah dengan beras ini sudah beberapa kali kami gelar di Bank Sampah Balawa Indah. Kendati demikian, ternyata antusias masyarakat di Desa Pedawa masih cukup luar biasa. Kami berhasil mengumpulkan 78 kilogram sampah plastik dari masyarakat,” ujar Arya. Kegiatan penukaran sampah kali ini juga didukung Komunitas Balawa, Rice for Bali, serta para donatur.

Kata Arya, Komunitas Balawa bersama Bank Sampah Balawa Indah berkomitmen untuk menjaga alam atau lingkungan dari sampah plastik. Mereka juga terus berupaya merangsang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. “Selain bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk sedikit meringankan beban masyarakat terhadap pemenuhan pangan beras di masa pandemi ini,” tandas Arya. *mzk

Komentar