nusabali

Bupati Targetkan Perubahan Status BPP BUGG Rampung Tahun Ini

  • www.nusabali.com-bupati-targetkan-perubahan-status-bpp-bugg-rampung-tahun-ini

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menargetkan perubahan status Badan Pengelola Pariwisata Batur UNESCO Global Geopark (BPP BUGG) menjadi Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) rampung akhir tahun 2021.

Saat ini sedang melakukan kajian terkait perubahan status BPP BUGG menjadi perseroda. Kasi Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangli, Gede Budiastawa, mengatakan BPP BUGG terbentuk berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 7 tahun 2017 tentang Badan Pengelola Pariwisata Batur UNESCO Global Geopark. BPP BUGG beroperasi sejak 2019 lulu.

Gede Budiastawa mengatakan, saat ini sedang proses penyusunan Perda dan kajian akademis oleh Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud). “Penyusanan draft Perda Perseroda dikerjakan oleh Bagian Ekonomi dan Bagian Hukum Setda Bangli,” jelas Gede Budiastawa, Jumat (22/10). Dengan perubahan status ini, diharapkan nantinya pengelolaan pariwisata khususnya di Kintamani bisa digarap lebih optimal. “Bisa mengoptimalkan kerja sama dengan BKSDA di blok usaha,” harap Gede Budiastawa.

Ketua Dewan Pengawas BPP BUGG, I Nyoman Alit Adiyana mengungkapkan perubahan status badan pengelola adalah ranah pemerintah daerah. Saat ada perubahan status sudah pasti ada perubahan struktur. “Anak-anak muda yang kompeten bisa dirangkul, ajak bergabung,” ungkap Alit Adiyana. BPP BUGG masih menunggu petunjuk Bupati Bangli untuk pungutan retribusi wisata di Kintamani. Dalam situasi pendemi, dipastikan target pendapatan tidak terpenuhi. *esa

Komentar