nusabali

Kualifikasi Piala Asia Digelar Terpusat

  • www.nusabali.com-kualifikasi-piala-asia-digelar-terpusat

KUALA UMPUR, NusaBali
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengonfirmasi perubahan jadwal dan format babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Keputusan itu dilakukan setelah mempertimbangan situasi yang saat ini terjadi di negara-negara Asia. Ya, laga yang sebelumnya digelar pada Februari 2022 diubah pada 8, 11, dan 14 Juni 2022, dengan menghapus format kandang-tandang atau terpusat.

AFC dalam waktu dekat akan menunjuk negara aman menjadi venue masing-masing grup. AFC juga menganggap pandemi Covid-19 di Asia belum terkendali.

Piala Asia 2023 sendiri digelar di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Pengundian grup pada Februari 2022. Nantinya, posisi tim pada pot undian didasari ranking FIFA.  Kejuaraan akan diikuti 24 tim. Indonesia dan Kamboja jadi tim terakhir yang lolos dari jalur play-off.

AFC memastikan penerapan protokol kesehatan ketat dan karantina minimum bagi semua tim sebelum bertanding. Lalu negara tuan rumah harus dalam situasi kondusif dari pandemi. Seluruh pihak yang terlibat, mulai pemain, pelatih, ofisial, dan panitia lokal wajib mengikuti tes Covid-19.

Perjalanan Timnas sendiri ke Piala Asia 2023 masih panjang. Mereka harus meraih puncak klasemen pada babak ketiga kualifikasi agar lolos langsung. Bila gagal, akan melalui jalur enam runner-up terbaik. *

Komentar