nusabali

Barca Raih Kemenangan Pertama

Dikontrak 6 Tahun, Ansu Fati Dipagari Rp 16,4 Triliun

  • www.nusabali.com-barca-raih-kemenangan-pertama

BARCELONA, NusaBali
Barcelona memetik kemenangan pertama dalam Liga Champions musim ini. Ya, mereka mengalahkan Dynamo Kiev 1-0 dalam laga lanjutan Grup E, di Camp Nou, Kamis (21/10) dinihari WITA.

Gol kemenangan itu dicetak bek senior Gerard Pique di babak pertama. Pada laga itu Barcelona mampu mendominasi penguasaan bola. Beberapa peluang dihasilkan, namun gagal berbuah gol dan   digagalkan kiper George Buschan.

Barcelona memecah kebuntuan pada menit ke-36. Umpan Jordi Alba disambut Gerard Pique dengan tendangan voli yang mengoyak gawang Kiev. Gol itu yang pertama bagi Barcelona di Liga Champions musim 2021-22.

Sejak gol itu, Kiev gagal mengembangkan permainan dan banyak menunggu di belakang untuk sesekali melancarkan serangan balik.

Lalu pelatih Ronald Koeman memasukkan Philippe Coutinho dan Ansu Fati untuk menambah daya kreativitas Barca di lini serang.

Kiev beberapa kali keluar dari tekanan Barcelona dan membangun serangan, Namun mereka gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Marc-Andre ter Stegen. Tak ada gol lagi hingga laga berakhir. Hasil itu membuka peluang Barcelona lolos ke fase gugur. Mereka saat ini di urutan ketiga dengan 3 poin, dan Kiev di posisi juru kunci dengan 1 poin.  Grup E dikuasasi Bayern Muenchen, dengan 9 poin usai melibas Benfica 4-0, yang di urutan kedua dengan 4 poin.

Sebelum laga itu, pemain muda Barcelona Ansu Fati (18 tahun) sepakat menandatangani kontrak baru hingga 2027 atau enam tahun. Pemain timnas Spanyol itu pun memiliki klausul rilis mencapai 1 miliar euro (sekitar Rp 16,4 triliun). Nilai klausul tersebut sama dengan milik Pedri setelah meneken kontrak.

Fati adalah jebolan akademi Barcelona "La Masia" dan sekarang mewarisi nomor punggung 10 yang ditinggalkan Lionel Messi awal musim ini. Fati langsung mencetak gol beberapa menit setelah dimasukkan sebagai pemain pengganti, saat Barca menang 3-0 atas Levante.

Fati mengaku bahagia memperpanjang kontrak bersama Barcelona karena dia dapat melanjutkan perjalanan kariernya bersama klub yang dicintainya. Dia berjanji akan terus bekerja keras agar  mengembalikan kepercayaan diri di lapangan dan berkembang setiap hari. *ant

Komentar