nusabali

SMPN 6 Abang PTM 2 Kali Seminggu

  • www.nusabali.com-smpn-6-abang-ptm-2-kali-seminggu

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 6 Abang, Karangasem menggelar PTM (pembelajaran tatap muka) sebanyak dua kali dalam seminggu untuk setiap kelas.

SMPN 6 Abang numpang belajar di SDN 1 Tista, Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang. Selain proses pembuatan gedung sekolah, SMPN 6 Abang juga kekurangan guru. Bahkan Kasek SMPN 6 Abang I Putu Setiabudi ikut mengajar.

Putu Setiabudi mengatakan, SMPN 6 Abang sudah merekrut siswa sejak tahun ajaran 2019/2020. PTM mulai siang hingga sore sepulang siswa SDN 1 Tista. PTM dibagi dua shift. Siswa kelas VII sebanyak 138 siswa, PTM setiap Senin dan Rabu, kelas VIII sebanyak 137 siswa PTM setiap Selasa dan Jumat, dan kelas IX sebanyak 150 siswa PTM setiap Rabu dan Sabtu. SMPN 6 Abang didukung 7 guru PNS, 5 guru kontrak, 2 guru pengabdi, dan 2 tenaga kontrak untuk pegawai tata usaha. “Karena kekurangan guru, saya juga ikut mengajar IPA,” jelas Kasek Putu Setiabudi, Rabu (20/10).

Putu Setiabudi menjelaskan, setiap jenjang kelas hanya dua kali PTM dalam seminggu, selebihnya mengikuti pembelajaran secara daring (dalam jaringan). “Kami kombinasikan antara PTM dengan daring karena belum punya gedung. Gedung SMPN 6 Abang sedang dibangun, kami berharap tahun ini tuntas. Sehingga tahun 2022 bisa menempati gedung baru dan menggelar PTM penuh,” harap mantan guru mata pelajaran IPA di SMPN 1 Amlapura ini. SMPN 6 Abang dibantu operator I Gede Yatha Wisnawa sehingga seluruh data siswa dan guru telah diakses ke dapodik (data pokok pendidikan) sebagai syarat dapat BOS (bantuan operasional sekolah).

Gedung yang sedang dibangun untuk SMPN 6 Abang satu kompleks dengan SMAN Abang dan Puskesmas Abang I di Banjar Tista Gede, Desa Tista. Pembangunan gedung SMPN Abang dengan anggaran Rp 4,4 miliar. Luas lahan 77 hektare di belakang atau barat Puskesmas Abang 1. Bangunan tahap I dengan dua gedung dua lantai masing-masing lantai berisi 3 kelas. Bangunan lain yakni toilet dan pagar, sedangkan ruang guru belum dibangun. *k16

Komentar