nusabali

Disdukcapil Denpasar Pasang Dua ADM

  • www.nusabali.com-disdukcapil-denpasar-pasang-dua-adm

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar menempatkan tiga mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) untuk mempercepat proses pencetakan data administrasi kependudukan (Adminduk).

Tiga tempat tersebut yakni di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gedung Sewaka Dharma (GSD) Lumintang, Denpasar Utara, pusat perbelanjaan Tiara Dewata, dan Pasar Badung.

Hal itu dikemukakan Kepala Disdukcapil Kota Denpasar I Dewa Gde Juli Artabratha, Rabu (20/10). Menurut dia, satu ADM di GSD merupakan pengadaan dari Pemkot Denpasar. Namun, dua tempat yakni ADM Tiara Dewata dan ADM di Pasar Badung merupakan sumbangan dari kementerian, khusus untuk Kota Denpasar.

Dua ADM bantuan kementerian tersebut, menurut Dewa Juli, tidak diperbolehkan untuk ditempatkan di lingkungan kantor Pemkot Denpasar. Keduanya wajib ditempatkan di luar kawasan perkantoran Pemkot Denpasar. “Dua ADM kami dapat dari sumbangan kementerian. Tetapi tidak boleh ditempatkan di perkantoran. Tetapi di luar kantor sehingga kami memilih dua tempat itu (Tiara Dewata dan Pasar Badung),” kata Dewa Juli.

Menurut dia, dua ADM ini ditempatkan khusus di kawasan tempat ramai karena selama ini ADM yang paling pertama dari pengadaan Pemkot Denpasar ini kurang diminati. Sehingga sasarannya di tempat yang berpotensi ramai dikunjungi. Untuk itu dipilih Pasar Badung dan Tiara Dewata.

Dewa Juli mengungkapkan, warga yang ingin mengurus Adminduk di ADM, sebelum melakukan cetak, mereka harus melakukan proses pendaftaran di website taringdukcapil dengan memasukkan e-mail. Setelah itu akan ada notifikasi berupa username dan password. Selanjutnya, warga bisa melakukan proses pencetakan. Baik mencetak kartu keluarga maupun e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Prosesnya harus daftar dulu di taringdukcapil. Jadi mereka bisa mencetak sendiri di tiga tempat ADM yang sudah disediakan,” tutur Dewa Juli. *mis

Komentar