nusabali

Badung Masuk Nominasi Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021

  • www.nusabali.com-badung-masuk-nominasi-penerima-anugerah-kebudayaan-indonesia-2021

MANGUPURA, NusaBali
Kabupaten Badung masuk nominasi penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pun mengikuti wawancara dan menyampaikan presentasi sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021 secara daring dari Rumah Jabatan Bupati Badung, Senin (18/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikburistek ini bertujuan untuk melakukan penilaian dalam tahap presentasi dan wawancara guna mendapatkan top lembaga. Acara tersebut dimoderatori oleh Bobby F, M Alfan Alfian, Siti Zuhro, serta Nunus Supardi, sebagai tim penilai.

Turut hadir mendampingi bupati dalam presentasi, yakni Kadis Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha, Kadis Kominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra, dan Kabag Prokompim Badung Made Suardita. Dalam paparannya Bupati Giri Prasta mengatakan, mengatakan jika Badung selalu memberdayakan lembaga adat dan lembaga tradisional, serta melakukan pelestarian kesenian dan memfasilitasi kegiatan ibadah masyarakat. “Kami juga memberikan insentif dan hibah dana motivasi kepada sanggar, insentif perbulan kepada tokoh agama, tokoh adat, dan pengurus subak,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta, juga menegaskan jika selalu mendorong kreativitas generasi muda secara rutin dengan memberikan bantuan dana kreativitas dan bantuan peralatan kesenian. Di bidang sosial, Pemkab Badung juga memberikan santunan kematian, santunan penunggu pasien dan santunan lansia dengan menjalankan semangat melalui motto ‘Perang Puputan Badung’ dan Kabupaten Badung ‘Cura Dharma Raksaka’.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini melanjutkan, Pemkab Badung berkomitmen sepenuhnya dengan prinsip Badung boleh maju, namun jangan sampai kemajuan Badung itu menggerus akar budaya yang ada di Kabupaten Badung. “Komitmen kami setiap tahunnya di atas 10 persen dianggarkan di APBD untuk bidang kebudayaan,” katanya.

Pihaknya juga mengatakan, selain fokus menguatkan seni budaya, Kabupaten Badung juga membantu membangun sarana dan prasarana di sejumlah tempat ibadah, baik itu Pura, Masjid, Gereja, dan Wihara. “Di Badung termasuk di Bali ini sangat terkenal dengan toleransi antar umat beragamanya,” tegas Bupati Giri Prasta. *ind

Komentar