nusabali

Bupati Sanjaya Kocok Ulang Enam Jabatan Camat

Camat Baturiti Dijabat Perempuan, Eks Ajudan Bupati Adi Wiryatama

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-kocok-ulang-enam-jabatan-camat

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya kembali lakukan mutasi jabatan besar-besaran di lingkungan Pemkab Tabanan pada, Selasa (19/10).

Sebelumnya kocok ulang pejabat dilakukan pada 9 Juli 2021 lalu.  Menariknya dalam mutasi kali ini sebanyak enam jabatan camat dirotasi. Khusus untuk Camat Pupuan kini dijabat perempuan, yakni Sayu Made Parwati yang dipromosikan dari jabatan sebelumnya sebagai Auditor Madya Inspektorat Kabupaten Tabanan.

Enam camat yang dirotasi adalah Camat Tabanan I Putu Arya Suta dimutasi menjadi Camat Selemadeg. Posisinya sebagai Camat Tabanan digantikan oleh I Gusti Made Darma Ariantha yang sebelumnya Camat Kerambitan. Sebaliknya posisi Camat Kerambitan diisi I Putu Adi Supraja yang sebelumnya Camat Selemadeg Timur. Kemudian Camat Selemadeg I Putu Gede Wirawan dimutasi menjadi Camat Pupuan. Camat Pupuan I Putu Agus Hendra Manik dipindah menjadi Camat Selemadeg Timur.

Terakhir adalah Camat Baturiti I Wayan Adi Sastrawan dipindah menjadi Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Tabanan. Dia digantikan oleh Camat Perem[uan, Sayu Made Parwati yang sebelumnya menjabat Auditor Madya Inspektorat Kabupaten Tabanan.

Selain pelantikan pejabat eselon III, juga dibarengi pelantikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabanan hasil lelang jabatan serta pengukuhan nomenklatur di lingkungan Pemkab Tabanan. Pejabat yang terpilih sebagai Kepala BKPSDM Tabanan adalah I Made Kristiadi Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabanan.

Dalam lelang jabatan sebelumnya, Made Kristiadi Putra memperoleh peringkat I dengan skor nilai 83,10. Sementara pelantikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tabanan yang sebelumnya juga melalui proses lelang masih menunggu Kadis PMD, Roemi Liestyowati pensiun per tanggal 1 November 2021 nanti.

Pelantikan pejabat digelar di Kantor Bupati Tabanan, Selasa pukul 15.00 Wita secara daring dan luring. Secara luring untuk pengukuhan pejabat diwakili Sekda Tabanan, I Gede Susila, pelantikan pejabat eselon II B dihadiri langsung I Made Kristiadi Putra (Kepala BPKPSDM) hasil lelang dan eselon III diwakili I Wayan Sudarya (Kabag Tata Pemerintahan Setda Tabanan). Selebihnya para pejabat yang dikukuhkan dan dilantik mengikuti secara daring.

Bupati Sanjaya melakukan pengukuhan, rotasi, dan promosi jabatan di lingkungan Pemkab Tabanan dengan rincian untuk eselon II jumlah yang dikukuhkan sebanyak 10 jabatan, dan yang dipromosikan 1 jabatan. Kemudian eselon III jumlah yang dikukuhkan sebanyak 34 jabatan, rotasi 44 jabatan, dan promosi 32 jabatan. Terakhir adalah eselon IV jumlah yang dikukuhkan sebanyak 93 jabatan, rotasi 6, dan 23 yang dipromosikan.

Sekda Tabanan, Gede Susila mengatakan mutasi yang digelar adalah hal biasa yang salah satu tujuannya dalam rangka penyegaran. “Mutasi dan rotasi yang dilakukan sesuai dengan yang ditegaskan pimpinan tidak ada unsur suka dan tidak suka. Ini adalah job dengan kapasitas terbatas. Kondisinya di sini adalah loyalitas, kinerja dan sebagainya. Jadi ini adalah hal biasa yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi,” tegas Sekda Gede Susila.

Menurutnya pejabat yang dipilih dalam mengisi jabatan tidak ada bedanya baik perempuan maupun laki-laki. Yang penting mereka memiliki kapasitas dan kompetensi memenuhi persyaratan. “Memang dalam mutasi ini ada para camat yang dirotasi. Ini hanya pergeseran saja karena ada yang sudah waktunya cukup menjabat, perlu diperhitungkan juga. Jadi tidak ada masalah mutasi camat ini sama dengan pajabat yang lain,” kata Sekda asal Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan ini.

Untuk itu harapan pimpinan dengan adanya mutasi dan rotasi pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan sesuai dengan visi dan misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Tabanan era baru, seluruh pejabat mampu menterjemahkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat di Tabanan.

Sementara khusus untuk posisi Camat Baturiti, Bupati Sanjaya mempromosikan Sayu Made Parwati SSTP MSi, 41. Dia dilantik Bupati Sanjaya sebagai Camat Baturiti menggantikan I Wayan Adi Sastrawan yang dialihkan menjadi Kabag Kesra Setda Tabanan.

Sebelum dipromosikan menjadi Camat Baturiti, Sayu Made Parwati menjabat sebagai Auditor Madya di Inspektorat Tabanan. Jabatan tersebut sudah diembannya selama 3 tahun sejak 2018. Pejabat eselon III asal Banjar Cekik, Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg ini merupakan perempuan kedua yang menjabat camat setelah perempuan pertama I Gusti Ayu Supartiwi dipercaya menjadi Camat Penebel.

Perempuan kelahiran 22 Mei 1980 ini mengawali kariernya sebagai pegawai di Kantor Camat Kerambitan setamat dari STPDN tahun 2002 lalu. Kemudian Sayu Made Parwati sempat menjadi ajudan Bupati Tabanan sewaktu Bupati Nyoman Adi Wiryatama. Jabatan itu diemban dari tahun 2003 sampai tahun 2004.

Selepas menjadi ajudan, dia dipindah tugas menjadi staf di Kantor BKPSDM Tabanan selama 3 tahun, selanjutnya baru di tahun 2016 dipindah menjadi  Kasi PMD di Kantor Camat Selemadeg. Barulah tahun 2018 menjadi Auditor Madya Inspektorat Tabanan sampai sekarang sekaligus mendapat tugas tambahan sebagai Plt Irban Investigasi di Inspektorat Tabanan.   

Sayu Made Parawati mengucapkan terimakasih atas amanah yang telah diberikan sebagai Camat Baturiti. Atas jabatan tersebut dia akan berusaha bekerja sebaik mungkin sesuai dengan aturan yang ada.

“Mudah-mudahan saya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegasnya. Dikatakan untuk sekarang dirinya belum membuat program khusus yang akan digunakan memimpin Kecamatan Baturiti yang notabene wilayahnya sebagai sentra perkebunan sayuran tersebut. Namun dalam menjalankan tugas dia selalu akan berkoordinasi dengan perbekel dan masyarakat yang di sana.

“Saya akan melihat kondisi dulu, barulah saya kembangkan. Saya juga akan menjalankan program yang sudah bagus yang sudah diterapkan Camat sebelumnya,” tegas ibu dua anak ini. Sementara itu, Bupati Sanjaya mengatakan penempatan seseorang pada suatu jabatan pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan terhadap kredibilitasnya untuk menduduki jabatan tersebut.

“Kita masih memerlukan pembenahan di berbagai bidang, maka saya harap saudara-saudara setelah ini dapat segera menyelesaikan tugas-tugas serta membuat perencanaan strategis atas langkah yang akan ditempuh oleh perangkat daerah yang saudara pimpin untuk mewujudkan visi Kabupaten Tabanan Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani (AUM),” pintanya. *des

Komentar