nusabali

Desa Adat Seririt Bagikan Sembako untuk Krama

Capaian Vaksinasi Capai 91 Persen

  • www.nusabali.com-desa-adat-seririt-bagikan-sembako-untuk-krama

SINGARAJA, NusaBali
Desa Adat Seririt, Kecamatan Seririt, Buleleng, ikut berupaya agar angka capaian vaksin untuk krama dapat memenuhi target.

Angka vaksinasi Covid-19 untuk krama Desa Adat Seririt telah mencapai 91 persen hingha Minggu (17/10). Atas capain itu, perangkat Desa Adat membagikan ratusan paket sembako sebagai upaya untuk membantu ekonomi krama saat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Bendesa Adat Seririt, Ketut Sukarna Pura mengtakan, capaian vaksin Covid-19 untuk krama Desa Adat Seririt telah mencapai 91 persen dari total wajib vaksin. Sedang sisanya, masih belum dicapai karena ada sebagian adanya krama yang memiliki riwayat penyakit sehingga belum memungkinkan untuk dilakukan vaksinasi.

Sukarna juga tak menampik sebagian krama yang belum divaksin lantaran minimnya informasi tentang vaksinasi. "Yang belum divaksin karena alasan non-medis sedang dilakukan jemput bola ke rumah-rumah krama untuk dilakukan vaksin bersama petugas dari Puskesmas dan Satgas Covid-19 lainnya," kata Sukarna.

Menurut Sukarna, selain untuk kepentingan imunitas, capaian vaksinasi Covid-19 ini juga untuk memastikan penyebaran Covid-19 dapat ditekan hingga ke angka yang paling minim. "Karena Seririt merupakan kota perdagangan banyak lalu lintas orang maka satu-satunya jalan adalah memastikan capaian angka vaksin seoptimal mungkin," imbuhnya.

Sementara itu, soal pembagian ratusan paket sembako untuk krama, lanjut Sukarna, ditujukan untuk membantu meringankan beban ekonomi krama yang sedang kesulitan. Pembagian sembako dilakukan dalam dua tahap, pertama sebanyak 340 paket yang disebar sepanjang bulan Agustus lalu. Kemudian tahap dua dibagikan sebanyak 321 paket pada Minggu kemarin.

Sukarna mengaku, ratusan paket sembako tersebut merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Bali dan dinilai sangat tepat di saat warganya kesulitan ekonomi dimasa pandemi Covid-19. Pembagian dilakukan dengan priroritas kepada krama tertentu terutama yang sangat membutuhkan uluran bantuan. "Pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat kacau balau. Dan bantuan paket sembako betul-betul dapat membantu meringankan krama terutama untuk kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah," tutupnya.*mz

Komentar