nusabali

Kwarcab Denpasar Gelar 'Gelang Ajar' Pembina Pramuka

Tak Surut Langkah di Kala Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-kwarcab-denpasar-gelar-gelang-ajar-pembina-pramuka

DENPASAR, NusaBali
Meskipun di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan langkah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Denpasar melaksanakan pembinaan Pendidikan Kepramukaan.

Sebanyak 80 orang Pembina Pramuka golongan Siaga se-Kwarcab Denpasar mengikuti kegiatan ‘Gelang Ajar’ Pembina Pramuka Kwarcab Denpasar, Minggu (17/10) di SMP Negeri 14 Denpasar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Kegiatan ini dibuka Waka V Gerakan Pramuka Kwarcab Denpasar Dewa Gede Rai. Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat, Humas, Informatika dan Komunikasi Kwarcab Denpasar ini pun mengajak seluruh pembina Pramuka se-Kwarcab Denpasar senantiasa meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

"Pembina Pramuka harus mau dan mampu meningkatkan kompetensinya melalui Gelang Ajar pembina Pramuka dalam upaya pengembangan pendidikan kepramukaan di masing-masing Gugus depan," kata Dewa Rai yang juga Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

Dewa Rai juga menyampaikan melalui Gelang Ajar ini, pembina dapat memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, pendidikan dan keterampilan serta wawasan pada peserta didik dalam usaha pengembangan intelektual serta kecakapan hidup secara berkesinambungan. Ditambahkannya, Gelang Ajar pembina Pramuka ini menjadi wadah bagi pembina dalam meningkatkan kemampuan membina dan mengembangkan kekuatan kepembinaan.

Gelang Ajar ini diharapkan pola pembinaan kepramukaan di Gugus depan bisa semakin baik dan benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini penting karena selama ini masih sering dijumpai kegiatan kepramukaan yang belum sesuai dengan aturan dan petunjuk yang ada.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab Denpasar, Budi Santoso, mengatakan pentingnya penyelenggaraan Gelang Ajar pembina Pramuka setiap golongan. “Selain sebagai wadah silaturahmi sekaligus menambah pengetahuan dan keterampilan Pembina Gudep, Gelang Ajar Kwarcab Denpasar ini dilaksanakan untuk menyiapkan Pembina Pramuka berkualitas, dengan tetap memegang teguh Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK)," kata Budi Santoso.

Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya.

Kegiatan serupa, yaitu Gelang Ajar Pembina Pramuka akan dilaksanakan untuk Golongan Penggalang pada Minggu (24/10) dan Golongan Penegak dan Pandega pada Minggu (31/10) dengan materi Latihan Golongan, Bedah SKU dan Administrasi Gugus depan diberikan oleh tim Pelatih Wipradarma Kwarcab Denpasar. *sur

Komentar