nusabali

Kapal Roro Kembali Beroperasi

  • www.nusabali.com-kapal-roro-kembali-beroperasi

SEMARAPURA, NusaBali
Kapal Motor Penumpang (KMP) Roro (roll on – roll off) Nusa Jaya Abadi, yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem - Pelabuhan Mentigi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dan sebaliknya, kembali beroperasi melayani penumpang, Minggu (17/10).

Sebelumnya, kapal milik Pemkab Klungkung ini menjalani docking overhaul atau pembongkaran mesin secara total, di Surabaya, 8 September - 16 Oktober 2021. Docking ini dilakukan rutin setiap 5 tahun sekali. Tahun ini merupakan docking Kapal Roro secara menyeluruh yang ketiga kalinya, dengan anggaran Rp 2.398.210.826.

Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra mengatakan, setelah docking selesai Kapal Roro sudah beroperasi seperti biasa sejak Minggu pagi kemarin. Operasi dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem - Pelabuhan Mentigi, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dan sebaliknya. "Docking ini merupakan perawatan rutin setiap tahun, namun untuk tahun ini dilakukan docking overhaul," kata Sucitra, didampingi Kabid Angkutan dan Sarana, Dishub Klungkung, Komang Sudiarta.

Selama Kapal Roro menjalani docking sejak 8 September-16 Oktober, pelayanan angkutan logistik maupun barang ke Kecamatan  Nusa Penida masih tetap lancar. Karena ada 2 unit Kapal LCT (Landing Craft Tank) yang melayani penyeberangan ke dari Pelabuhan Padangbai- Pelabuhan Mentigi. "Kami berharap setelah Kapal Roro kembali beroperasi dapat lebih memaksimalkan pelayanan," harap Sucitra.

Untuk pelayanan II trip yakni pada hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu, trip I dari Pelabuhan Mentigi-Padangbai 08.00 dan trip II pukul 12.00 Wita. Sebaliknya dari Pelabuhan Padangbai-Pelabuhan Mentigi-Padangbai, trip I dari pukul 10.00 Wita, dan trip II dari pukul 14.00 Wita. Sedangkan, pada Rabu dan Minggu hanya melayani sekali trip yakni dari Pelabuhan Mentigi - Pelabuhan Padangbai pukul 08.00 Wita, dan Pelabuhan Padangbai-Pelabuhan Mentigi dari pukul 10.00 Wita. *wan

Komentar