nusabali

FPTI Bali Dipercaya Gelar Kejuaraan Dunia

  • www.nusabali.com-fpti-bali-dipercaya-gelar-kejuaraan-dunia

JAYAPURA, NusaBali
Federasi Panjat Tebing Internasional (International Federation of Sport Climbing/IFSC) memberi kepercayaan Pengprov FPTI Bali sebagai tuan rumah kejuaraan dunia panjat tebing untuk nomor lead, pada 22-24 September 2022.

Kejuaraan itu merupakan Seri Piala Dunia IFSC 2022 yang digelar di 10 negara.   Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika mengatakan, kepercayaan IFSC kepada Indonesia khususnya Bali menggelar jadi kebanggaan tersendiri bagi FPTI Bali. Karena itu, kata Sudi Atmika pada Sabtu (16/10), pihaknya harus mempersiapkan secara optimal demi suksesnya kejuaraan tersebut.

Menurut Yudi Atmika, kejuaraan akan diikuti atlet panjat tebing dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam konteks sport tourism, katanya, kejuaraan kontribusi tersendiri FPTI Bali dalam pemulihan pariwisata Bali akibat pandemi Covid-19.

Lebih jauh Yudi Atmika mengatakan, kalender IFSC selama 2022 dimulai dari Sidang Umum IFSC XVIII di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Setelah itu Seri Piala Dunia IFSC 2022 mulai April sampai September 2022.

“Pada 1-3 April kejuaraan boulder di Moskow, selanjutnya kejuaraan speed pada 8-10 April di Meiringen, Swiss, dan kejuaraan boulder di Jepang pada 29 April sampai 1 Mei 2022,” kata Yudi Atmika, yang pengurus KONI Bali itu.

Usai di Jepang, kata Yudi, kejuaraan dunia boulder dilanjutkan di Seol Korea Selatan pada 6-8 Mei, kemudian nomor boulder dan speed di Salt Lake City Amerika Serikat pada 20-22 Mei dan 27-29 Mei.

Lalu  kejuaraan boulder speed di Austria pada 22-25 Juni, boulder lead tanggal 1-3 Juli di Swiss, kejuaraan lead speed di Chamonix, Prancis pada 8-10 Juli, di Slovenia pada 3-4 September, kemudian baru di Bali digelar pada 22-34 September 2022. *dek

Komentar