nusabali

Polres Gelar Deklarasi Pilkel Damai

  • www.nusabali.com-polres-gelar-deklarasi-pilkel-damai

SEMARAPURA, NusaBali
Jajaran Polres Klungkung menggelar deklarasi pemilihan perbekel (pilkel) damai, di aula Mapolres Klungkung, Sabtu (16/10) pagi.

Pilkel serentak se-Kabupaten Klungkung akan berlangsung pada Minggu (24/10). Deklarasi ini ditandai oleh perwakilan calon perbekel membacakan deklarasi damai, dan diikuti oleh seluruh calon perbekel sebanyak 36 orang.

Hadir Kapolres Klungkung AKBP Made Dhanuardana, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Wakil Ketua DPRD Klungkung Tjokorda Gde Agung, Kasdim 1610/Klungkung Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung I Wayan Suteja, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Klungkung I Gede Kusumajaya, panitia pemilihan tingkat desa, calon perbekel, dan lainnya.

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanurdana, menyampaikan seluruh komponen terutama penyelenggara dan calon perbekel agar proaktif mengantisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Hal ini demi mewujudkan Klungkung yang kondusif dan dijauhkan dari ancaman kamtibmas,” ujar AKBP Dhanu.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang sambutannya dibacakan oleh Wabup Kasta, pada intinya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan deklarasi ini. “Terkait kegiatan pilkel kiranya tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak,” ujar Wabup Kasta.

Calon perbekel yang nantinya terpilih agar menjadi pemimpin yang bijaksana dan terus menjadi abdi masyarakat, begitu juga calon yang belum terpilih jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan lain. “Panitia pilkel ini harus bersikap adil,” kata Wabup Kasta.

Bupati Suwirta juga mengingatkan calon perbekel untuk dapat mengikuti tahapan yang telah ditetapkan dan bekerjasama dengan petugas keamanan yang ada di desa. Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban serta kondusifitas. “Semoga pelaksanaan pilkel serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harap Bupati Suwirta.

Dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemungutan suara selain petugas keamanan dari desa, diharapkan bantuan dan kerjasama pihak TNI dan Polri.

Seperti diketahui, pada 2021 pilkel secara serentak di Kabupaten Klungkung diikuti sebanyak 11 desa, yakni Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan. Desa Sekartaji, Desa Bungamekar, dan Desa Lembongan di Kecamatan Nusa Penida. Desa Getakan, Desa Bungbungan, Desa Negari, dan Desa Banjarangkan di Kecamatan Banjarangkan. Desa Akah, Desa Selisihan, dan Desa Tegak di Kecamatan Klungkung.

Jumlah calon perbekel yang akan ikut dalam pemilihan perbekel secara serentak di 11 desa sebanyak 36 orang. Pemungutan suara pemilihan perbekel akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Oktober 2021. * wan

Komentar