nusabali

D’Youth Fest 2021 Dibuka, Jaya-Wibawa Tekankan Kreativitas Harus Terus Menyala Meski Pandemi

  • www.nusabali.com-dyouth-fest-2021-dibuka-jaya-wibawa-tekankan-kreativitas-harus-terus-menyala-meski-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Denpasar Youth Festival (D'Youth Fest) 2021 resmi dibuka oleh Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Sabtu (16/10) sore.

Pembukaan yang digelar di di Gedung Dharma Negara Alaya, ditandai goresan tangan pada layar iPad, melepas Tamia, dan memasangkan sayap penari I Kedis Tenggek.  Walikota Jaya Negara menggoreskan gambar berbentuk tanda tambah (positif) yang bermakna positif dan kemajuan. Sedangkan Wawali Arya Wibawa menggoreskan gambar bulat yang bermakna keberlanjutan yang tidak pernah putus. Setelah resmi dibuka, kegiatan yang diharapkan menjadi ruang ekspresi dan kreativitas anak muda Kota Denpasar yang dirangkaikan dengan Hari Sumpah Pemuda ini akan berlangsung hingga 7 November mendatang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Kota Denpasar, Walikota Denpasar periode 2008-2021 IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Ny Selly Mantra, Sekda Denpasar IB Alit Wiradana, Ketua TP PKK Denpasar  Ny Sagung Antari Jaya Negara, istri Wawali Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Beragam komunitas anak muda Denpasar turut berkolaborasi dalam pembukaan D’Youth Fest 2021. Mulai dari Alffy Rev, Yudist Ardhana, Gus Agung Gotama, Meiska Adinda Ft Dhima, Rivia Laksita, Novafuxnbums, Naluri Manca, Gambelan Pesel, dan Bali Extrem Drummer.

Walikota Jaya Negara mengatakan, pandemi Covid-19 telah membatasi gerak dan jarak hampir seluruh masyarakat dunia. Namun bagi masyarakat kreatif terutama kalangan muda, apa pun yang terjadi pilihannya yakni terus bergerak maju, berkreasi, dan berinovasi menyiasati situasi dan kondisi meski harus menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai visi ‘Denpasar Kota Kreatif Berwawasan Budaya Menuju Denpasar Maju’, kami memberikan ruang kreativitas generasi muda menciptakan aksi, memberikan reaksi, dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensinya. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan menjadi poin penting pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Walikota Jaya Negara yang juga seorang seniman.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, pada gelaran kali ini, spirit I Tengkek Ngindang atau Burung Raja Udang Biru maskot kebanggaan Kota Denpasar menjadi ikon D’Youth Fest 2021. Hal ini melambangkan kekuatan, ketangkasan, dan kelincahan.  “Diharapkan spirit ini mampu membawa kawula muda di Kota Denpasar bersemangat mengejar prestasi, tetap bergerak tetap riang, dan penuh semangat. Kreativitas harus terus menyala meski di masa pandemi,” tegas Walikota Jaya Negara.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani bersama Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar I Putu Yuliarta dan Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf I Wayan Hendaryana, menambahkan D’Youth Fest 2021 ini melibatkan 1.000 merchant UMKM di Kota Denpasar. Kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi pemerintah, swasta, komunitas, serta akademisi dengan Bekraf Denpasar.

“Moment ini selain kompetisi dan exhibition, kami juga menghadirkan starter kit business berupa 1 booth distro dan angkringan, peresmian block chain center serta pelatihan untuk menambah soft skill generasi muda,” jelasnya.

D’Youth Fest 2021 akan dilaksanakan secara hybrid system di Dharma Negara Alaya dan kawasan Tukad Bindu Kesiman pada 16 Oktober hingga 7 November mendatang. Kegiatan ini melibatkan anak muda mulai dari sekaa teruna, pelajar SMA/SMK, komunitas yang dikemas dalam beragam kegiatan. Ada lomba tari tradisional, lomba busana adat, lomba desain ilustrasi, lomba video kreatif TikTok, Denpasar Barber Fiesta, D’Youth Skateboard Competition, Signature Barista Competition, D’Youth Mini 4WD Open Race, Student Band Battle, dan D’Youth Photography Contest, serta berbagai lomba lainnya. *mis

Komentar