nusabali

7 Kelompok Tani Ternak Digelontor Bantuan 308 Ekor Kambing

  • www.nusabali.com-7-kelompok-tani-ternak-digelontor-bantuan-308-ekor-kambing

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana kembali menggulirkan program gerakan membangun produksi ternak berorientasi agribisnis (Gempita). Khusus tahun 2021 ini, digelontorkan bantuan sebanyak 303 ekor kambing kepada 7 kelompok tani ternak (KTT).

Bantuan kambing tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di tempat karantina kambing bantuan pemkab di Banjar/Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jumat (15/10).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama, mengatakan total bantuan kambing yang diberikan kepada 7 KTT ini, berjumlah 308 ekor. Dengan rincian, setiap kelompok mendapat bantuan sebanyak 40 ekor kambing betina dan 4 ekor kambing pejantan. “Selain kambing, masing-masing kelompok juga diberikan bantuan kandang koloni dan sepaket obat-obatan. Total anggarannya Rp 1.265.272.001, atau sebesar Rp 179.260.550 per kelompok,” kata Sutama.

Sebelum diserahkan, Bupati Tamba juga  sempat mengecek kondisi kambing bantuan pemkab tersebut. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kambing bantuan pemkab yang juga telah dikarantina itu dalam keadaan sehat. “Kambing-kambing tersebut juga sudah dicek dokter hewan. Kondisinya semua bagus dan sehat. Tidak ada masalah,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengatakan, bantuan dari Pemkab Jembrana ini diharapkan mampu mendorong ekonomi warga. Khususnya kelompok masyarakat yang berusaha di sektor peternakan. “Bantuan ini sebagai bentuk komitmen kita untuk membantu masyarakat. Khususnya dalam pemberdayaan kelompok tani ternak. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang,” kata Bupati Tamba.

Kepada penerima bantuan, Bupati Tamba berpesan agar ternak kambing tersebut dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Dirinya tidak ingin bantuan itu disalahgunakan. “Manfaatkan dan dipelihara dengan baik sehingga meningkatkan ekonomi dan mampu menghasilkan bagi kelompok maupun keluarga,” ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini.

Sementara salah seorang penerima bantuan, Putu Serana Yana dari Desa Berangbang, Kecamatan Negara, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima kelompoknya ini. Mewakili kelompoknya, dirinya berjanji akan memanfaatkan dengan baik bantuan kambing ini. “Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan maksimal. Kami akan pelihara dengan baik sehingga mampu berkembang dan berdampak terhadap kesejahteraan kelompok kami,” ucapnya. *ode

Komentar