nusabali

Puluhan Orang Periksakan Binatang Peliharaan di Mangupura Vet Care

  • www.nusabali.com-puluhan-orang-periksakan-binatang-peliharaan-di-mangupura-vet-care

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, belum lama ini membuka pelayanan kesehatan hewan Mangupura Vet Care, di Puspem Badung.

Sejak dibuka, sudah ada puluhan warga memanfaatkan fasilitas klinik hewan yang disediakan pemerintah ini.Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, mengatakan layanan kesehatan hewan ini disediakan untuk masyarakat dengan memanfaatkan salah satu ruangan di kantor dinas setempat. “Sejak dibuka secara resmi, tercatat sudah ada 20 kali kunjungan,” ujarnya, Jumat (15/10).

Wijana mengatakan, inisiatif untuk membuat klinik hewan berawal dari banyaknya masyarakat yang meminta pelayanan kesehatan hewan yang datang langsung ke kantornya. Tujuan Mangupura Vet Care ini adalah dalam upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan yang lebih cepat dan nyaman kepada masyarakat dan juga pecinta hewan peliharaan dari kalangan ASN. “Kebetulan ada ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan,” katanya.

Sejak dirintis sekitar tiga bulan lalu, masyarakat banyak yang memeriksakan binatang kesayangannya seperti anjing dan kucing. Binatang peliharaan mereka itu mendapatkan penanganan oleh dokter hewan yang merupakan stafnya, dengan dibantu mahasiswa FKH Unud yang sedang praktik di Sentra Ternak Sobangan.

“Masyarakat yang datang umumnya meminta pelayanan vaksinasi rabies dan pemeriksaan kesehatan termasuk permintaan bantuan menangkap hewan, seperti monyet dan anjing liar,” jelas Wijana.

Menurutnya, kesadaran masyarakat terhadap hewan peliharaan semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dari antusias masyarakat memanfaatkan layanan tersebut. Memang ada saja masyarakat yang datang seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memelihara binatang kesayangannya dengan baik.

Secara umum pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih terbatas pada konsultasi kesehatan hewan, vaksinasi dan pengobatan yang dilayani oleh 5 orang dokter hewan. Wijana mengatakan, ke depan jika anggaran memungkinkan pihaknya akan terus melengkapi peralatan dan obat-obatan yang diperlukan agar bisa memberikan layanan seperti layaknya klinik hewan. *ind

Komentar