nusabali

Sandiaga Bertemu 19 Dubes Uni Eropa Bahas Sudah Dibukanya Penerbangan ke Bali

  • www.nusabali.com-sandiaga-bertemu-19-dubes-uni-eropa-bahas-sudah-dibukanya-penerbangan-ke-bali

JAKARTA, NusaBali.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengundang 19 duta besar (dubes) yang tergabung di dalam Uni Eropa untuk membahas sinergi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dengan Indonesia.

Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta,  Kamis (14/10/2021), adalah soal sudah dibukanya kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Sebagaimana diketahui Bandara Ngurah Rai sudah dibuka secara terbatas bagi wisatawan dari 19 negara yang telah ditentukan.

“Suatu kehormatan bagi kami untuk melakukan pertemuan dengan para duta besar anggota Uni Eropa,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, Jumat (15/10/2021).

Selain soal pembukaan pariwisata Bali, pada kesempatan itu Menparekraf  bersama dengan 19 dubes anggota Uni Eropa membahas pembangunan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis alam serta budaya.

Hal lain yang jadi bahasan adalah terkait karantina bagi diplomat dan pengunjung internasional, perjalanan domestik untuk anak di bawah 12 tahun, penerapan aplikasi PeduliLindungi, serta data transfer ekonomi kreatif.

Sandiaga menerangkan, bahwa pertemuan ini perlu dilakukan karena sektor parekraf merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Sebelum pandemi, dikatakan devisa sektor pariwisata berada di posisi dua setelah minyak dan gas bumi. Karena itu, lanjutnya, ia menargetkan di tahun 2022 nilai devisa pariwisata dan kontribusi PDB pariwisata harus lebih ditingkatkan.

Adanya pandemi dinilai memberikan berbagai pandangan baru mengenai sektor parekraf, bahwa pengembangan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi fokus utama.

Dalam arti, fokus utamanya bukan lagi kuantitas tetap bagaimana dapat memberikan pengalaman yang berkualitas dan berkesan bagi wisatawan, serta memberikan kontribusi terhadap masyarakat setempat.

“Cara untuk melihat bagaimana kualitas dari pada wisatawan yaitu berdasarkan dua hal, pertama lenght of stay (lama tinggal) dan yang kedua the power of buying product local (kekuatan membeli produk lokal) yang mana memberikan dampak terhadap masyarakat lokal,” ucapnya.

Sementara dari sisi ekonomi kreatif, Dubes Bulgaria Petar Dimitrov Andonov mengatakan pihaknya memiliki program untuk mendukung pengembangan sektor ekonomi kreatif. Program ini dimulai pada tahun 2021 - 2027 dengan anggaran sebesar 2,4 miliar Euro.

“Jadi kami ingin menawarkan kerja sama dengan Indonesia untuk untuk meningkatkan daya saing, salah satunya dengan data transfer di bidang ekonomi kreatif,” akunya.

Merespon hal tersebut, Sandiaga menyambut baik usulan kerja sama tersebut. 

Seperti diketahui, Menparekraf menargetkan dapat meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif hingga Rp16,83 triliun di tahun 2022 terlebih karena Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia untuk ekonomi kreatif setelah Amerika dan Korea Selatan.

Adapun yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Dubes Krosia Nebojsa Koharovic, Dubes Finland Jari Sinkari, Dubes Italia Benedetto Latteri, Dubes Prancis Olivier Chambard, dan Dubes Jerman Ina Ruth Luise Lepel. *ant

Komentar