nusabali

Walikota Paparkan Penanganan Covid-19 Berbasis Smart City

Rakernis Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia 2021

  • www.nusabali.com-walikota-paparkan-penanganan-covid-19-berbasis-smart-city

JOGJAKARTA, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didaulat menjadi pembicara pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada Rabu (13/10), di The Rich Hotel Jogjakarta.

Dalam Rakernis Apeksi bertema ‘Mewujudkan Ekosistem Smart City yang Berkelanjutan Dalam Menghadapi Pandemi’, Walikota Jaya Negara memaparkan materi tentang strategi Pemkot Denpasar menghadapi pandemi Covid-19, di antaranya akselerasi peningkatan cakupan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan, serta strategi yang berbasis pada potensi, kondisi, dan budaya yang disinergikan dengan smart city.

“Dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi, Pemkot Denpasar juga merintis kerjasama dengan Kota Darwin (Australia) dalam pengembangan kapasitas SDM, pelatihan program inkubator pandemi, dan juga melaksanakan event D’Youth Festival sebagai ruang kreativitas bagi kawula muda untuk membentuk jiwa kewirausahaan yang bermanfaat bagi pengembangan usaha kreatif,” ujar Walikota Jaya Negara.

Dalam penanganan Covid-19, Pemkot Denpasar juga meluncurkan aplikasi  Desac (Denpasar Siaga Covid-19) yang merupakan layanan berbasis chatbot,  menghubungkan langsung antara fasilitas kesehatan dengan warga yang terkonfirmasi positif. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi bagi masyarakat yang sedang diisolasi dan masyarakat yang kurang mampu,  Pemkot Denpasar membangun Dapur Umum Gotong Royong yang mampu memasok 1.600 nasi bungkus setiap hari.

“Di masa pandemi ini dukungan dan kerjasama dari semua stakeholder untuk mewujudkan kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju (Denpasar Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul) sangat diharapkan. Kami menumbuhkan kembali semangat gotong royong melalui spirit Vasudaiva Khutumbakam, kita adalah bersaudara. Dengan spirit ini kami berharap tantangan yang berat sekalipun dapat diatasi dengan pola semangat gotong royong,” kata Walikota Jaya Negara. *mis

Komentar