nusabali

Satgas Fasilitasi Sarana Prokes SKD CPNS Kemenag di Undiksha

  • www.nusabali.com-satgas-fasilitasi-sarana-prokes-skd-cpns-kemenag-di-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menjadi lokasi pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 untuk empat instansi di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bali.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng menyiapkan fasilitas sarana protokol kesehatan dalam pelaksanaan tes SKD.

"Sejak awal kami sudah siapkan dan pantau agar pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan," ujar Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa saat ditemui usai melakukan peninjauan pelaksanaan SKD CPNS tahun 2021 di Auditorium Undiksha, Singaraja, Kamis (14/10) pagi.

Suyasa menjelaskan, selain memastikan pelaksanaan penggunaan Aplikasi PeduliLindungi, skema antar jemput peserta juga diatur. Setelah peserta turun, pengantar dikondisikan untuk bisa langsung meninggalkan lokasi. Hal ini bertujuan menghindari kerumunan, dan mencegah terjadinya klaster baru pada situasi kasus Covid-19 yang telah melandai di Buleleng.

"Dengan situasi Covid yang sudah melandai kita semakin kerja keras untuk bisa mempertahankan bahwa kondisi akan makin baik karena itu akan sangat berimplikasi kepada sektor-sektor pembangunan yang lain," ucap Suyasa.

Menurut Suyasa, semua prosedur tes SKD telah berjalan sesuai dengan skema prokes ketat yang sudah direncanakan. Mulai dari jaga jarak antar peserta, tersedianya tempat cuci tangan yang memadai, skrining awal dengan aplikasi PeduliLindungi, pengecekan suhu tubuh, hingga penggunaan masker berlapis oleh peserta.

Di sisi lain, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali Komang Sri Marheni menjelaskan, tes SKD kali ini diikuti oleh empat instansi. Di antaranya; Kanwil Agama Provinsi Bali, UHN I Gusti Bagus Sugriwa, STAHN Mpu Kuturan, termasuk juga Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Peserta tes dibagi menjadi 2 unsur yaitu CPNS dan PPPK.

"Untuk Kemenag Provinsi Bali kami mendapatkan alokasi peserta sebanyak 1.361 dan untuk yang lulus seleksi administrasi itu yang ikut tes hari ini yang terbagi menjadi 2 unsur yaitu CPNS sebanyak 1.090 peserta dan PPPK sebanyak 94 peserta," ujar Marheni.

Kata Marheni, ruang kesehatan khusus bagi peserta yang suhu tubuhnya terdeteksi cukup tinggi telah disiapkan. Sementara, peserta yang terkonfirmasi Covid-19 akan mendapatkan penjadwalan tes ulang sehingga mereka bisa tetap mengikuti tes. Pihaknya pun mengapresiasi persiapan fasilitas prokes yang ketat pada pelaksanaan tes SKD yang akan berlangsung selama 5 hari ke depan mulai dari tanggal 14 sampai dengan 19 Oktober 2021.

"Peserta yang suhu tubuhnya agak tinggi akan diistirahatkan sementara di area kesehatan sampai suhu tubuh peserta kembali normal. Lalu, akan diperbolehkan langsung mengikuti tes. Satgas Covid-19 Buleleng sudah menyiapkan fasilitas sarana prokes dengan lengkap," pungkas Marheni. *mz

Komentar