nusabali

Satgas Jaring 559 Warga Belum Vaksinasi

  • www.nusabali.com-satgas-jaring-559-warga-belum-vaksinasi

NEGARA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana terus menggencarkan razia kartu vaksin Covid-19 sekaligus membuka layanan vaksinasi di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana.

Selama empat hari menggelar razia di PPN Pengambengan sejak Senin (11/10) - Kamis (14/10) kemarin, ada 559 warga terjaring dan langsung divaksinasi di tempat.

Pelaksanaan razia sekaligus layanan vaksinasi di PPN Pengambengan, Kamis kemarin, dipantau Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya. Turut serta hadir Dandim  1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra, dan Danramil 1617-01/Negara Kapten Chb Karyanto.

Kasrem Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya di sela-sela pemantauan tersebut, mengapresiasi terobosan tim gabungan di Jembrana untuk mensukseskan percepatan vaksinasi Covid-19 ini. Selain sinegeri petugas dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, termasuk Dinas Kesehatan, dalam upaya memaksimalkan vaksinasi ini, juga melibatkan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Di mana melalui keterlibatan petugas Dukcapil ini, bisa dicek biodata warga yang tidak membawa KTP. Terlebih sesuai informasi di lapangan, dari kegiatan razia sebelumnya, sempat ditemukan beberapa warga yang beralasan sudah divaksin namun tidak membawa bukti vaksin maupun KTP. Namun dengan keterlibatan petugas Dukcapil ini, warga yang tidak membawa KTP itu juga bisa dicek Nomor Induk Kependudukan (NIK)-nya dan selanjutnya dicek status vaksinasinya. “Jadi tidak bisa berbohong. Kalau ternyata statusnya belum divaksin, bisa segera divaksin,” ucap Kolonel Inf Surya.

Kolonel Inf Surya mengatakan dalam mempercepat vaksinasi Covid-19, dibutuhkan kesadaran masyarakat. Sesuai data di Bali, kasus positif Covid-19  dunia sudah menurun. Melalui vaksinasi Covid-19 ini pun diharapkan kasus positif Covid-19 ataupun kasus positif Covid-19 yang meninggal meninggal dunia bisa semakin ditekan. “Kemarin di Jembrana hanya ada satu kasus. Tentu kita harapkan kalau bisa nanti nol. Vaksinasi ini menjadi salah satu kunci,” ujarnya.

Sementara berdasar data yang dihimpun NusaBali, ada sebanyak 559 yang terjaring dan divaksin selama pelaksanaan razia di PPN Pengambengan sejak Senin (11/10) hingga Kamis kemarin. Pada hari pertama Senin lalu, divaksin sebanyak 110 orang dengan rincian 50 orang vaksin dosis pertama dan 59 orang vaksin dosis kedua.

Pada hari kedua Selasa (12/10), kembali divaksin sebanyak 110 orang dengan rincian 32 orang vaksin dosis pertama dan 78 orang vaksin dosis kedua. Kemudian pada hari ketiga Rabu (14/10), divaksin sebanyak 166 orang dengan rincian 52 orang vaksin dosis pertama dan orang vaksin dosis kedua. Sementara pada Kamis kemarin, divaksin sebanyak 173 orang dengan rincian 41 orang vaksin dosis pertama dan 132 orang dosis kedua.*ode

Komentar