nusabali

Dibuka Hari Ini, Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai Belum Kedatangan Penumpang

  • www.nusabali.com-dibuka-hari-ini-terminal-internasional-bandara-ngurah-rai-belum-kedatangan-penumpang

MANGUPURA, NusaBali.com - Tepat pada hari pembukaan terminal internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (14/10/2021), belum ada satu pun kedatangan penumpang internasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, hal tersebut dikarenakan belum ada satu pun maskapai internasional yang mengkonfirmasi akan mendaratkan pesawatnya di bandara yang dioperasionalkan oleh PT Angkasa Pura I tersebut. 

Pantauan di terminal internasional, Kamis (14/10/2021) siang, hanya tampak ratusan bangku kosong di holding area yang dipersiapkan bagi para penumpang yang datang menunggu hasil tes RT-PCR. Layar pengumuman penerbangan juga tampak tidak menyala. 

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, ditemui di terminal interasional Bandara I Gusti Ngurah Rai pun memastikan belum adanya konfirmasi pernerbangan internasional langsung ke Bandara Ngurah Rai sampai hari pertama pembukaan penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai.

“Sampai saat ini memang belum ada penerbangan internasional, tetapi memang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sudah menjadi pintu masuk WNA (Warga Negara Asing). Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali juga sudah  menjadi salah satu tempat pemeriksaan imigrasi tertentu, tapi memang hingga saat ini belum ada penerbangan internasional ke Bali maupun keluar dari Bali,” ungkap Taufan Yudhistira.

Taufan menyebut, status Bandara Ngurah Rai sebagai salah pintu masuk WNA (Warga Negara Asing) ke Indonesia tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sementara itu, pihaknya sampai sejauh ini belum menerima regulasi terbaru dari Kementerian Perhubungan RI selaku kementerian teknis yang membawahi PT Angkasa Pura I.  

Namun begitu Taufan menyebut persiapan yang dilakukan pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah cukup maksimal. Fasilitas dan utilitas sudah disiapkan kembali setelah sempat mandeg selama setahun lebih akibat penutupan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai. 

Demikian alur kedatangan juga sudah disiapkan sedemikian rupa agar sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah disepakati sebelumnya. 

Adapun alur kedatangan penumpang internasional dijelaskan oleh Taufan Yudhistira. Penumpang sebelum berangkat wajib menyiapkan dokumen yang diperlukan terutama dokumen kesehatan Covid-19. 

Begitu landing di Bandara Ngurah Rai penumpang akan mendapatkan pemeriksaa suhu tubuh. Pemeriksaan dokumen kesehatan akan dilakukan oleh petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas I Denpasar. 

Setelahnya para penumpang akan melakukan tes RT-PCR. Sambil menunggu tes RT-PCR keluar, mereka bisa sambil melakukan pemeriksaan seperti biasa seperti pemeriksaan imigrasi, pengambilan bagasi, dan melakukan pelaporan bea cukai. Setelah itu mereka dipersilakan menunggu di holding area. 

Jika hasil tes RT-PCR negatif pernumpang selanjutnya melapor ke exit control desk yang setelahnya mereka akan dibawa tim transportasi ke hotel yang telah mereka pilih. 

Sebaliknya kalau hasil tes negatif, maka mereka akan diarahkan ke area khusus isolasi, sebelum nanti tim Satgas Covid-19 Bali membawa mereka menuju rumah sakit rujukan.  

Alur kedatangan tersebut telah dimatangkan dalam simulasi dan pihak Bandara Ngurah Rai terus memastikan agar alur yang telah disepakati tersebut dapat diimplementasikan dengan baik pada saatnya nanti. 

“Evaluasi terus menerus bukan berarti mencari kekurangan, kami memastikan bahwa alur yang kami siapkan memang sudah siap untuk menerima kedatangan penumpang,” pungkas Taufan Yudhistira. *adi
 

Komentar