nusabali

15 IKM Klungkung Dilatih Pemasaran Online

  • www.nusabali.com-15-ikm-klungkung-dilatih-pemasaran-online

SEMARAPURA, NusaBali
15 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari berbagai produk di Klungkung, mendapat pelatihan penjualan melalui Workshop Pemasaran Digital/Online di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (13/10).

Workshop dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Klungkung I Wayan Sumarta mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk industri kerajinan di Kabupaten Klungkung. Dengan itu, produk tersebut mampu bersaing dalam pasar lokal maupun internasional. ‘’Terpenting juga agar pelaku usaha ini mampu memasarkan produk melalui media elektronik," ujar Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Klungkung ini.
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengapresiasi giat para pelaku IKM di Klungkung. Karena pada masa pandemi Covid-19, mampu bertahan dan berproduksi. Selain itu, muncul IKM baru di tengah pandemi.  

Bupati Suwirta mengingatkan agar intansi terkait dapat membantu IKM di Klungkung, terkait menjaga kualitas produk IKM. Kepada para pelaku IKM, Bupati meminta agar administrasi produknya dilengkapi terlebih dahulu sebelum mulai dipasarkan kepada konsumen. Pelaku IKM juga agar dapat berinovasi dalam hal keragaman produk. Intansi terkait juga agar memantau IKM terkait kualitas produk dan memasarkan produk. "Kuatkan kualitas produk, sebelum memasarkan," ujar Bupati Suwirta.

Kegiatan ini melibatkan narasumber dari Bank BPD pelaku e-Marketplace BaliMall. Bupati berpesan kepada Bank BPD selaku narasumber agar memberikan arahan mengenai tata cara mengelola keuangan dan permodalan kepada para IKM. Kepada e-Marketplace BaliMall yang juga selaku narasumber supaya membantu para IKM di bidang marketing produk. "Jangan sering-sering datang hanya untuk melatih, tetapi sering-seringlah mengambil produk dari IKM Kabupaten Klungkung," pinta Bupati Suwirta.

Bupati juga meminta para IKM agar mempunyai semangat wirausaha yang tinggi. Pelaku IKM juga agar belajar perkembangan teknologi saat ini, dan juga membangun kerjasama untuk pemasaran. "Tidak semua dikerjakan sendiri. Perlu ada IKM yang fokus pada aspek pemasaran,” pesan Bupati.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Dekranasda Klungkung Ny Ayu Suwirta, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ny Sri Kasta, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Klungkung I Made Sudiarkajaya, para IKM, dan undangan terkait lain.*wan

Komentar