nusabali

Pemkot Denpasar Raih Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

Kesetaraan dan Keadilan Kunci Pengarusutamaan Gender

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-raih-anugerah-parahita-ekapraya-ape

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar kembali sukses mendulang prestasi skala nasional.

Kali ini, Ibukota Provinsi Bali ini sukses meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) RI Kategori Utama melalui virtual meeting dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati dan Kepala Bappeda Kota Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, selaku Ketua Pokja, Rabu (13/10/).

Sri Wetrawati mengatakan terpilihnya Kota Denpasar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Kategori Utama tidak terlepas dari berbagai program dan inovasi yang dilakukan Pemkot Denpasar dalam Pengarusutamaan Gender. Anugerah ini, merupakan wujud dan apresiasi tertinggi yang diberikan Kementerian PPPA atas inovasi Kota Denpasar dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender.

“Pembangunan Pemberdayaan Perempuan di Kota Denpasar telah terakomodir di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Denpasar Tahun 2016-2021. Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender telah termuat dalam Indikator Kinerja Utama Kota Denpasar, sehingga seluruh stakeholder turut berperan dalam mewujudkan Kesetaraan gender di Kota Denpasar. Komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk mewujudkan Kesetaraan Gender telah dituangkan dalam beberapa Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota  dalam upaya melindungi perempuan dan anak di Kota Denpasar,” ujarnya.

Sri Wetrawati  menjelaskan, bahwa penghargaan ini berhasil diraih berkat gotong-royong kerja bersama seluruh pihak. Dukungan yang besar dari Walikota, LSM, perguruan tinggi, dunia usaha, maupun seluruh masyarakat Denpasar dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

"Perlu kerja bersama agar laki-laki dan perempuan bisa mendapatkan akses, manfaat, partisipasi, kontrol yang sama dalam merencanakan maupun menikmati hasil pembangunan. Tanpa gotong-royong dari semua pihak, kesetaraan gender tidak akan bisa terwujud di Kota Denpasar," katanya.

Sementara itu,  Kepala Bappeda Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan Komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Kota Denpasar, telah diapresiasi oleh Pemerintah Pusat, melalui Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Pemerintah Kota Denpasar telah mendapatkan penghargaann Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebanyak 5 (lima) kali, yakni pada Tahun 2012 Kategori Pratama, Tahun 2014 Kategori Utama, Tahun 2016 Kategori Mentor, Tahun 2018 Kategori Utama, dan pada tanggal 13 Oktober 2021 telah diumumkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bahwa Pemerintah Kota Denpasar bersama Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar meraih Penghargaan APE Kategori Utama. *mis

Komentar