nusabali

Cok Istri Agung Sanistyarani Sabet Medali Emas Kumite 55 Kg

  • www.nusabali.com-cok-istri-agung-sanistyarani-sabet-medali-emas-kumite-55-kg

JAYAPURA, NusaBali.com - Kegagalan di Pra Olimpiade melecut Cok Istri Agung Sanistyarani tampil optimal di cabang olahraga karate PON XX Papua. Hasilnya, medali emas diraih karateka yang akrab disapa Coki ini.

Dalam partai final kumite putri -55 kg, Rabu (13/10/2021) siang, Coki mengalahkan rivalnya Dinda Ayu. Karateka asal Jawa Barat itu dikalahkan Coki dengan skor 4-2 dalam laga yang dilangsungkan di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura. 

"Sebelum ke PON, saya gagal di Pra Olimpiade. Jadi turun di sini benar-benar saya lampiaskan. Dan ternyata dapat emas," kata Coki setelah menerima medali kemenangan.

Coki merupakan salah satu karateka senior yang sudah kenyang pengalaman. Namun dalam beberapa tahun terakhir terbilang kesulitan untuk kembali performa terbaiknya. Seperti terjadi di SEA Games 2019 Manila.

"Saya juga gagal di pertandingan-pertandingan pertama. Setelah itu sudah jarang lagi kejuaraan karena pandemi. Makanya saya total di sini," kata karateka yang saat ini berada di posisi 20 besar dunia itu.

Coki mengaku sempat takut turun di PON Papua. Apalagi dirinya mendapatkan beban target yang tinggi yakni harus mampu mempersembahkan emas. "Saya gelisah, takut. Semuanya jadi satu. Tapi semuanya memberikan dukungan. Yang jelas emas ini saya persembahkan untuk almarhum adik saya. Semoga dia tenang di sana," kata karateka berusia 27 tahun itu.

Perjalanan Coki di PON Papua terbilang mulus. Laga-laga yang sudah terjadwal dilakukan sukses dengan kemenangan. Tantangan cukup berat saat di babak semifinal melawan Lia Anjelia asal Bengkulu meski akhirnya mampu menang dengan skor 4-3.

Sementara itu medali perunggu kumite -55kg putri diraih Selly Septiani (Lampung) dan Lia Anjelia (Bengkulu). "Mungkin ini PON terakhir saya jika nanti tidak ada perubahan usia," pungkas karateka berusia 27 tahun ini. *ant

Komentar