nusabali

Excavator Ratakan 16 Bangunan di Desa Adat Pakudui

  • www.nusabali.com-excavator-ratakan-16-bangunan-di-desa-adat-pakudui

GIANYAR, NusaBali.com - Krama Desa Adat Pakudui, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang meratakan 16 bangunan yang dulunya dimanfaatkan oleh krama Tempek Pakudui Kangin sebagai toko souvenir, Rabu (13/10/2021) pagi.

Tidak saja mengerahkan alat berat berupa excavator (bego), ratusan krama berpakaian adat dengan ciri khas memakai ikat kepala merah ikut meruntuhkan sisa puing bangunan. Mereka membawa linggis hingga palu berukuran besar.


Bendesa Adat Pakudui I Ketut Karma Wijaya ditemui di lokasi mengatakan pembongkaran ini sudah sesuai dengan surat putusan PN Gianyar tanggal 19 September 2012 Nomor : 09/PDT. G/2012/PN Gir yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Berdasarkan berita acara perkara eksekusi tanggal 7 Desember 2020 tentang pelaksanaan putusan eksekusi dan sesuai kesepakatan krama Desa Adat Pakudui tanggal 29 Juli 2021 yang memutuskan untuk melakukan penataan lokasi tersebut.

"Sekarang kami tata. Bikin Perusahaan Banjar Adat atau Badan Usaha Milik Desa Adat, dikelola bersama masyarakat keseluruhan," ujar Bendesa Karma Wijaya didampingi perwakilan krama I Wayan Puaka.

Ditemui terpisah, Krama Tempek Pakudui Kangin tidak bisa berbuat banyak atas aksi pembongkaran bangunan tersebut. Perwakilan krama tempek, I Wayan Subawa mengaku akan menunggu petunjuk tim asistensi Pemkab Gianyar untuk menyikapi itu. Sebab menurutnya, pembongkaran menggunakan alat berat sudah di luar kesepakatan saat eksekusi damai.

"Memang, seminggu yang lalu dikasih batas waktu pengosongan. Tapi merujuk pada kesepakatan damai, kita dalam posisi masih berharap," jelasnya.

Menurut Subawa, kesepakatan damai yang berisi 8 butir kesepakatan menyatakan bahwa akan dilakukan revisi awig-awig terlebih dahulu sebelum dilakukan pengosongan maupun pembongkaran objek di atas tanah eksekusi.

Namun kenyataannya, awig-awig belum direvisi namun sudah terjadi eksekusi. "Eksekusi sudah dilaksanakan, kami mau apa? Karena kalau kami melewati batasan-batasan, rasanya  kurang elok, bertentangan dengan butir butir yang sudah dicantumkan dalam surat kesepakatan tersebut. Maka nanti, seperti apa biarlah tim yang mengkaji lebih dalam," ujar Subawa. *nvi

Komentar