nusabali

Aliansi BEM se-Bali Dewata Dwipa Soroti Masalah Lingkungan

  • www.nusabali.com-aliansi-bem-se-bali-dewata-dwipa-soroti-masalah-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com – Kumpulan mahasiswa yang menamakan diri Aliansi BEM se-Bali Dewata Dwipa menggelar aksi mural dan bernyanyi di depan Monumen Bajra Sandhi Denpasar, Selasa (12/10/2021) sore.

Aksi ini adalah dalam rangka mengawal kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace).

“Terhitung telah tiga tahun Bali dipimpin oleh Bapak Koster-Ace. Berbagai penghargaan dan perubahan memang telah banyak dipersembahkan untuk Bali,” kata Muhammad Novriansyah,  Koordinator Aliansi BEM se-Bali Dewata Dwipa.
 
“Namun bila melihat realita di baliknya, Bali belumlah menjadi surga yang kerap kali dipuji-puji oleh banyak orang,” imbuh Novriansyah yang juga Ketua BEM PM Universitas Udayana ini.

Novriansyah  mengingatkan permasalahan lingkungan, seperti krisis air bersih di sejumlah wilayah. Selanjutnya disorot pula  belum adanya pengelolaan dan pembuangan limbah yang baik, khususnya limbah medis, serta ancaman krisis pangan yang disebabkan semakin maraknya pembangunan di sekitaran wilayah persawahan masyarakat.

Disinggung pula mengenai pendidikan, yang menjadi salah satu penentu peningkatan kualitas Sumber Daya manusia (SDM), yang ternyata juga memiliki seribu masalah yang kemudian menyebabkan adanya ketimpangan pendidikan di wilayah Bali utara dan Bali selatan.

Kesenjangan ini tidak terjadi hanya pada sektor pendidikan, akan tetapi fasilitas dan pelayanan kesehatan di sejumlah wilayah terbukti masih mengalami hal yang serupa.

Mahasiswa berharap berbagai permasalahan yang disampaikan menjadi bahan acuan untuk memperbaiki sisa pemerintahan Koster-Ace. Pemerintah diharapkan dapat lebih mendekatkan diri pada masyarakat dengan cara mau menerima dan melibatkan masyarakat secara langsung pada setiap pengambilan keputusan agar setiap kebijakan yang dikeluarkan memang dapat memberikan kebaikan bagi masyarakat.

Aksi dimulai sekitar pukul 15.00 Wita hingga 18.00 Wita. Tampak berjaga-jaga personel Satpol PP Provinsi Bali dan  Polresta Denpasar. *adi

TONTON JUGA:
Aksi Kamisan Bali Suarakan Penegakan Hak Asasi Manusia

Komentar