nusabali

533 ST Se-Badung Terima Bantuan Rp 7,995 M

  • www.nusabali.com-533-st-se-badung-terima-bantuan-rp-7995-m

Bantuan Rp 15 juta bagi masing-masing sekaa teruna itu untuk membuat ogoh-ogoh pada Pangerupukan dan Hari Raya Nyepi 2017.

MANGUPURA, NusaBali

Sebanyak 533 sekaa teruna (ST) se–Kabupaten Badung mendapat gelontoran bantuan masing-masing sebesar Rp 15 juta. Bantuan total sebesar Rp 7,995 miliar tersebut untuk mendukung kreativitas  membuat ogoh-ogoh pada Pangerupukan dan Hari Raya Nyepi 2017, Maret mendatang.

Penyerahan bantuan serta penandatanganan SPJ bantuan yang akan dicairkan melalui rekening masing-masing sekaa teruna, dilakukan pada Senin (23/1), di Wantilan DPRD Badung. Acara tersebut diisi pengarahan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Ida Bagus Anom Basma.  

“Bantuan ini diberikan kepada sekaa teruna se-Badung yang mengikuti lomba ogoh- ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi di Kabupaten Badung, pada Maret 2017,” kata Anom Bhasma.

Ogoh-ogoh hasil kreativitas sekaa teruna akan dilombakan. Penilaian lomba ogoh-ogoh nanti, akan dilakukan oleh tim juri yang menilai ke masing-masing kecamatan sesuai dengan nomor urut yang telah diundi. “Tim ini sudah mulai menilai satu minggu sebelum Pangerupukan,” ungkapnya.

Dijelaskan, kriteria penilaian yang merupakan hasil rapat tim adalah ogoh-ogoh yang berbentuk buta kala, keutuhan karya, bahan alami yang ramah lingkungan. Tingginya minimal 3 meter dan maksimal 5 meter, dan tidak bermuatan politik, tidak porno, dan mengandung unsur SARA. “Juga dinilai mengenai estetika yang meliputi ekspresi, keindahan, keserasian, dan inovatif. Bagi pemenang akan diberikan hadiah uang, juara I sebesar Rp 20 juta, juara II Rp 15 juta, dan juara III Rp 10 juta, dipotong pajak,” ucap Anom Bhasma. * asa

Komentar