nusabali

Kebakaran Lahan, Damkar Habiskan 15.000 Liter

  • www.nusabali.com-kebakaran-lahan-damkar-habiskan-15000-liter

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem padamkan kebakaran lahan di Banjar Baturinggit Kaja, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (10/10) sekitar Pukul 16.00 Wita.

Lahan terbakar seluas 17 hektare. Petugas Damkar habiskan 15.000 liter air untuk padamkan api. Lahan yang terbakar berisi pohon rontal, mete, mangga, dan semak-semak.  

Kebakaran lahan dialaporkan oleh warga setempat kepada anggota polisi, Iptu I Wayan Subrata. Anggota polisi ini meneruskan informasi ke Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem. Kadis Damkar Karangasem I Nyoman Siki Ngurah bersama 13 anggota turun ke lokasi dengan 4 unit kendaraan. Petugas Damkar dua kali bolak-balik angkut air untuk padamkan seluruh titik api. Nyoman Siki Ngurah mengatakan, titik api awalnya terjadi di alur sungai di Banjar Baturinggit Kaja menjalar ke lahan kebun karena kencangnya tiupan angin.

Api cepat menjalar membakar lahan. Anggota BPBD Karangasem, Polsek Kubu, Koramil Kubu, Perangkat Desa Baturinggit, dan masyarakat turut berusaha padamkan api. “Prioritas penanganan yang dekat pemukiman. Jangan sampai kebakaran lahan merembet membakar pemukiman,” ungkap Nyoman Siki Ngurah didampingi Kasi Operasional I Putu Darma Kartika. Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona juga terjun ke lokasi kebakaran bersama anggotanya melakukan pemantauan agar api tidak menjalar ke pemukiman. “Di dekat lokasi kebakaran ada beberapa pemukiman,” ungkap AKP Nengah Sona. *k16

Komentar