nusabali

'Wabup Kasta' Tawarkan Info Lelang Kendaraan

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-tawarkan-info-lelang-kendaraan

SEMARAPURA, NusaBali
Sejumlah nama dan foto pejabat di Klungkung belakangan ini dicatut oleh orang tak dikenal untuk aksi penipuan.

Modusnya, pelaku menggunakan foto pejabat untuk menawarkan barang maupun jasa. Ujung-ujungnya, pelaku minta dikirimi sejumlah uang.

Kasus pencatutan nama ini, salah satunya menimpa Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Senin (11/10). Hal ini diketahui karena beredar sebuah tangkapan layar percakapan dari akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wabup Kasta. Wabup ini mengirimkan pesan seolah-olah info lelang kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Info dikirim kepada salah satu kenalan Wabup Kasta.

Pesan diawali dengan ucapan selamat pagi dengan sopan, kemudian dibalas dan terus tanya-tanya kondisi kesehatan hingga menjurus ke info. “…niki (ini) ada info baik yang mau tiang (saya) sampaikan, mudah-mudahan rejeki buat keluarga,” sebut pesan dari No WA 085837429677, yang dikirim pada Senin sekitar pukul 08.45 wita.

Percakapan pun cukup panjang terjadi bahkan sempat pengirim sempat mengirimkan daftar kendaraan yang dilelang lengkap dengan Kop Kementerian Keuangan RI.

“Yaa, benar tadi ada teman dikirimin pesan dibilang saya ngirim info lelang kendaraan, bermotor dan ketika dicek ternyata yang digunakan adalah foto profil yang lama, sedangkan nomornya tidak saya kenal,” kata Wabub Kasta.

Bahkan nomor pada handphone (HP) tersebut sempat dihubungi berkali-kali. Tapi HP itu tidak diangkat dan masih dalam keadaan aktif.

“Saya berharap kepada masyarakat agar berhati-hati mendapat pesan-pesan seperti itu, terlebih mengatasnamakan pejabat. Karena beberapa hari terakhir banyak sekali yang sudah namanya dicatut kasus lelang kendaraan seperti ini,” harapanya.

Selain itu modus-modul lain seperti minta pulsa, juga kerap terjadi. Wabub Kasta juga memposting pada akun media sosial facebooknya, agar mengabaikan pesan tersebut dan tidak ada masyarakat yang dirugikan.*wan

Komentar