nusabali

Jerman Tim Pertama Lolos Piala Dunia 2022

Belanda Gulung Gibraltar 6-0

  • www.nusabali.com-jerman-tim-pertama-lolos-piala-dunia-2022

ZSKOPJE, NusaBali.com - Jerman memastikan menjadi negara pertama yang lolos Piala Dunia 2022 menyusul tuan rumah Qatar setelah mencatat kemenangan telak 4-0 atas Makedonia Utara, Selasa (12/10/2021) dini hari WITA.

Kemenangan di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J zona Eropa ini memastikan posisi Jerman sebagai juara Grup dengan 21 poin dari 8 pertandingan sejauh ini membuat poin Tim Panser tak terkejar lagi.

Mekdonia Utara sendiri tidak boleh diremehkan, karena pada bulan Maret 2021, Makedonia Utara bisa mempermalukan Tim Panser di Jerman yang kala itu masih dilatih oleh Joachim Low.  Dan kini di bawah pelatih anyar Hansi Flick, Jerman memetik kemenangan 4-0 di kandang Makedonia Utara, Philip II Arena, Skopje. 

Timo Werner menyumbangkan dua gol, sedangkan dua lainnya masing-masing dicetak oleh Kai Havertz dan Jamal Musiala.

Jerman mengambil inisiatif serangan saat pertandingan dimulai dan mengurung Makedonia Utara, yang hanya menunggu kesempatan serangan balik.

Tim tamu tampil dominan, tetapi masih kesulitan membongkar pertahanan lawan. Belum ada peluang matang hingga menit ke-15. Sebaliknya, Makedonia Utara beberapa kali menebar ancaman melalui serangan balik.

Hingga menit ke-30, Jerman mendominasi penguasaan bola dan melepaskan tujuh tembakan on target. Namun, semuanya tidak membuahkan hasil.

Pada menit ke-45, Jerman mendapatkan peluang terbaiknya lewat tembakan keras Werner yang masih bisa ditepis kiper Dimitrievski.

Skor kacamata tetap bertahan hingga babak pertama selesai.

Selepas turun minum, Jerman langsung tancap gas. Pada menit ke-50, umpan terobosan Muller diterima Havertz yang langsung melepaskan tendangan keras hingga membuat Jerman unggul 1-0.

Pada menit ke-70, Jerman menggandakan keunggulan berkat sepakan Werner di kotak penalti setelah menerima umpan Muller. Tim tamu unggul 2-0.

Tiga menit kemudian, Werner kembali mencetak gol lewat tendangannya dari jarak ke tiang jauh gawang yang tidak bisa dihentikan Dimitrievski. Kedudukan menjadi 3-0.

Pada menit ke-83, Jerman kembali menambah koleksi golnya. Permainan kombinasi Musiala dan Adeyemi dituntaskan sepakan keras Musiala dari tepi kotak penalti. Makadonia Utara tertinggal empat gol.

Tidak ada gol tambahan dan pertandingan berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Jerman.

Kemenangan besar juga dirtaih oleh Belanda yang tanpa ampun membantai Gibraltar 6-0 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup G zona Eropa. Dalam laga yang digelar  di De Kuip, Rotterdam, Belanda, Memphis Depay membuat dua gol, sementara empat gol sisanya masing-masing dicetak Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma dan Donyell Malen.

Berkat hasil ini, Belanda semakin kokoh di puncak klasemen Grup G dengan poin 19, sedangkan Gibraltar terpuruk pada peringkat enam dengan sama sekali belum meraih poin.*ant


Susunan Pemain:
Makedonia Utara (4-3-2-1): Stole Dimitrievski; Ezgjan Alioski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Stefan Ristovski (77' Stefan Askovski); Tihomir Kostadinov (77' Kire Ristevski), Arijan Ademi (29' Stefan Spirovski), Boban Nikolov (58' Erdal Rakip); Eljif Elmas, Darko Churlinov; Adis Jahovic (58' Bojan Miovski).

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Niklas Sule, Thilo Kehrer, David Raum; Joshua Kimmich, Leon Goretzka (61' Florian Wirtz); Thomas Muller (80' Florian Neuhaus), Serge Gnabry (75' Jonas Hofmann), Kai Havertz (61' Karim Adeyemi), Timo Werner (74' Jamal Musiala).

Berikut hasil lengkap pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa dini hari WITA:

Siprus 2 vs Malta 2: (Fotios Papoulis 6', Pieros Sotiriou 80'; Zach Muscat 53', Jurgen Degabriele 90+8')

Makedonia Utara 0 vs Jerman 4: (Kai Havertz 50', Timo Werner 70', 73', Jamal Musiala 83' )

Belanda 6 vs Gibraltar 0: (Virgil van Dijk 9', Memphis Depay 21', 45+3'-pen, Denzel Dumfries 48', Arnaut Danjuma 75', Donyell Malen 86')

Rumania 1 vs Armenia 0: (Alexandru Mitrita 26')

Slovenia 1 vs Rusia 2: (Josip Ilicic 40'; Igor Diveev 28', Georgi Dzhikiya 32')

Kroasia 2 vs Slovakia 2: (Andrej Kramaric 25', Luka Modric 71'; Ivan Schranz 20', Lukas Haraslin 45')

Islandia 4 vs Liechtenstein 0: (Stefan Teitur Thordarson 19', Albert Gudmundsson 35'-pen, 79'-pen, Andri Gudjohnsen 89')

Estonia 0 vs Wales 1: (Kieffer Moore 12')

Latvia 1 vs Turki 2: (Merih Demiral 70'-bd; Serdar Dursun 75', Burak Yilmaz 90+9'-pen)

Belarus 0 vs Republik Ceko 2: (Patrik Schick 22', Adam Hlozek 65')

Komentar