nusabali

Tim Undiksha Sabet Medali Emas dalam Expo di Nigeria

  • www.nusabali.com-tim-undiksha-sabet-medali-emas-dalam-expo-di-nigeria

SINGARAJA, NusaBali
Tim Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng mencatat prestasi gemilang dalam ajang ‘Expo CU-OCIIP Creativity & Innovation The Pathway To Sustainable Development 2021’ di Nigeria, akhir September lalu.

Dalam event internasional tersebut, Tim Undiksha berhasil sabet medali emas berkat karya ‘Inovasi Media Pembelajaran Kelistrikan’. Tim Undiksha yang berjaya di Nigeria tersebut terdiri atas Gede Sandita Widiada (mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro), Ni Putu Ayu Yuli Sumadianti (mahasiswi Prodi Akuntansi), Andi Prasetya (mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang), Luh Putu Restu Adi Utami (mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Kadek Reda Setiawan Suda (alumni Prodi Pendidikan Teknik Elektro).

Menurut salah satu anggota tim, Gede Sandita Widiada, dalam ‘Expo CU-OCIIP Creativity & Innovation The Pathway To Sustainable Development 2021’ di Nigeria, timnya menampilkan karya berjudul ‘TESISS: Electrical Instalation Trainer Inbow Portable’, yang merupakan media pembelajaran untuk bidang kelistrikan. Bentuknya yang portable atau berukuran kecil, tanpa mengurangi pembelajaran da-sar bagi peserta didik, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

"Selain itu, skema kelistrikan juga tergambar jelas pada papan akrilik. Kami juga menyediakan buku panduan penggunaan media pembalajaran ini," ungkap Sandita Widiada di Singaraja, Senin (11/10).

Sandita Widiada menambahkan, pembuatan karya ini berdasarkan adanya hambatan pada praktikum siswa, salah satunya akibat kerusakan komponen kelistrikan atau hilang. Selain itu, juga komponen kelistrikan selama ini sifatnya modular, sehingga membutuhkan media pembelajaran terintegrasi yang sifatnya reuse.

Hal lainnya lagi, kata dia, adanya penurunan minat belajar siswa karena  pembelajaran lebih banyak berfokus pada teori. "Karena adanya permasalahan tersebut, sehingga dibutuhkan suatu inovasi media pembelajaran yang dapat menggugah semangat belajar peserta didik," tegas Sandita Widiada.

Berkat karya ‘Inovasi Media Pembelajaran Kelistrikan’ tersebut, Tim Undiksha berhasil meraih medali emas dalam ajang internasional yang diikuti peserta dari 28 negara ini. Menurut Sandita Widiada, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan se-lama sebulan dan dukungan dosen pembimbing, Nyoman Santiyadnya, dan dukungan pihak Kampus Undiksha.

Sandita Widada mengaku bangga atas prestasi medali emas pada ajang internasional di Nigeria, 25 Agustus-30 September 2021 tersebut. Ini praktis mengharumkan nama Undiksha di tingkat internasional.

Kebanggaan serupa juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof I Wayan Suastra. "Ini prestasi sangat membanggakan. Kami apresiasi ini. Semoga ke depan semakin banyak mahasiswa Undiksha yang berhasil meraih prestasi serupa,” jelas Prof Suastra di Singaraja, Senin kemarin. *mz

Komentar