nusabali

Jorginho Paling Pantas Menangkan Ballon d'Or

  • www.nusabali.com-jorginho-paling-pantas-menangkan-ballon-dor

TURIN, NusaBali
Pelatih Italia Roberto Mancini menilai Jorginho  layak menjadi kandidat paling kuat memenangi Ballon d'Or.

Pasalnya, Jorginho ikut membawa Chelsea juara Liga Champions pada musim 2020/2021. Lalu bersama Italia merebut trofi Euro 2020. Pernyataan Mancini itu menanggapi France Football yang merilis 30 nama kandidat peraih Ballon d'Or. Dari juara Euro, ada lima nama masuk daftar kandidat. Selain Jorginho, juga Nicola Barella, Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.

Mancini pun menyebutkan, para pemain asuhannya mempunyai kualitas yang bagus hingga masuk ke daftar nominasi. "Namun saya pikir, Jorginho semestinya memenangi Ballon d'Or dan dia sangat pantas untuk itu. Dia memenangi semua yang bisa dia menangi dan dia sangat pantas untuk itu. Akan aneh kalau dia tak memenangi itu," kata Mancini.

Sementara itu, manajer Chelsea Thomas Tuchel menjagokan satu dari lima pemainnya untuk memenangi Ballon d'Or tahun ini. Namun dia tetap memberi kritik terkait penghargaan tersebut. Dari 30 nominator, ada lima pemain Chelsea, yakni Cesar Azpilicueta, Jorginho, N'Golo Kante, Mason Mount, dan Romelu Lukaku.

Namun Tuchel tak begitu tertarik dengan penghargaan Ballon d'Or. Alasannya, dia merasa sulit membandingkan kehebatan satu pemain dengan pemain lainnya, apalagi jika mereka bermain di posisi berbeda.

"Jorginho pantas memenangi Ballon d'Or, dia pemain yang cerdas. Dia punya visi yang luar biasa dalam sepakbola,”kata Tuchel.

Sejak 2007, persaingan meraih bola emas didominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi sejauh ini 6 kali memenanginya. Lalu Ronaldo di posisi kedua dengan raihan 5 kali. Pada 2018, Luka Modric menjadi 'pengganggu' duopoli Messi-Ronaldo. Dia meraih bola emas setelah membawa Kroasia tembus final Piala Dunia 2018. *

Komentar