nusabali

Wakil Karangasem Ikut 4 Lomba UDG Nasional

  • www.nusabali.com-wakil-karangasem-ikut-4-lomba-udg-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Wakil Karangasem turut memperkuat kontingen Bali di Utsawa Dharma Gita (UDG) Nasional tahun 2021 yang digelar secara virtual.

UDG ke-14 tahun 2021 dibuka di Hotel Harper Cawang, Jakarta Timur, Minggu (17/10) nanti. Kontingen Bali telah melakukan perekaman pada 27-30 September di Denpasar. Duta dari Karangasem ikut di 4 lomba yakni dharma wacana bahasa Indoneesia remaja putra, dharma wacana bahasa Indonesia dewasa putra, palawakya dewasa, dan palawakya dewasa berpasangan putri.

Kadis Kebudayaan Karangasem, I Wayan Astika mengatakan UDG tahun 2021 ada tujuh lomba dengan 25 kategori. Ketujuh lomba itu yakni lomba Utsawa Sloka, lomba Utsawa Palawakya, lomba Utsawa Kakawin, lomba Utsawa Dharma Wacana Bahasa Indonesia, lomba Utsawa Dharma Wacana Bahasa Inggris, lomba Utsawa Nyanyian Keagamaan, dan lomba Utsawa Menghafal Sloka. Kontingen Bali dari Karangasem Ida Nyoman Kumarayana ikut lomba Dharma Wacana Bahasa Indonesia Remaja Putra, I Kadek Abdhi Yasa SPd MPd lomba Dharma Wacana Berbahasa Indonesia Dewasa Putra, Ni Ketut Ayu Mertha Sari SPd MPd lomba Membaca Palawakya Dewasa, dan Ni Kadek Ayu Paramandani SPd lomba Membaca Palawakya Dewasa Berpasangan Putri. “Perekaman di provinsi disaksika petugas dari pusat untuk menghindari kecurangan dan pengulangan rekaman,” ungkap Wayan Astika, Minggu (10/10).

Hasil rekaman dikirim ke pusat. Dewan juri menilai dari tanggal 17-20 Oktober. Hasil penilaian diumumkan pada November 2021. Wayan Astika yang juga seniman tari ini berharap peserta dari Karangasem mampu tampil optimal dan menyumbangkan prestasi. Mampu membuktikan Karangasem bisa berprestasi tingkat nasional. Mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem ini optimis kontingen Bali dari Karangasem mampu memenangkan minimal salah satu lomba. Pada UDG Nasional 2017 Palembang wakil Karangasem menyumbangkan dua emas, menyamai UDG Nasional Denpasar tahun 2010. Dua emas dipersembahkan pasangan Ida Wayan Wahyu Pramana Sogatha dan I Gede Sire dari lomba membaca sloka dewasa putra dan pasangan I Ketut Seriaba-I Komang Sapa di nomor membaca palawakya remaja putra. *k16

Komentar