nusabali

Tukang Suun di Tabanan Dibantu Sembako

  • www.nusabali.com-tukang-suun-di-tabanan-dibantu-sembako

TABANAN, NusaBali
Puluhan tukang suun (buruh penjunjung barang belanjaan) di Pasar Tabanan menerima bantuan paket sembako dari Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) Provinsi Bali.

Sembako ini sebagai bentuk kepedulian KCKB di tengah pandemi Covid-19 kepada tukang suun. Karena mereka juga sebagai tulang punggung keluarga.

Pembagian sembako oleh KCKB tersebut dihadiri oleh Sekda Tabanan I Gede Susila dan Asisten II Setda Tabanan I Wayan Kotio. Paket sembako ini berisi telur, beras, minyak, mie, sayuran, dupa, dan makanan. Para tukang suun pun sumringah.

Pendiri KCKB Bali Yosep Listyati mengatakan bagi-bagi sembako gratis ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sesuai dengan konsep KCKB Bali yakni bergerak di bidang budaya dan sosial. "Kegiatan bagi sembako gratis ini berkerjasama dengan KCKB Tabanan sebagai penggerak kegiatan," ujarnya.

Dikatakan, paket sembako yang dibagikan sejumlah 90 paket. Seluruhnya bersumber dari kas KCKB Bali tanpa ada bantuan dari pihak manapun. "Kegiatan sosial akan kami lakukan berkesinambungan, tak hanya menyasar tukang suun, tetapi juga menyasar masyarakat kurang mampu," imbuh Yosep Listyati.

Dia pun meminta kepada KCKB seluruh Bali untuk menggelar kegiatan serupa dengan caranya sendiri. Yang jelas kegiatanya adalah membantu krama nyame Bali. "Silakan buat kegiatan sosial di masing-masing kabupaten. Intinya bagaiamana caranya untuk membantu masyarakat yang memerlukan," tandasnya.

Ketua KCKB Tabanan Sagung Inten Darma Padmi mengatakan, paket sembako diberikan kepada tukang suun karena mereka adalah tulang punggung keluarga. Meskipun perempuan dia sendiri ikut berperan dalam membantu mencari nafkah. "Untuk itu kita berikan kepada tukang suun dan kegiatan ini akan terus berlanjut," jelasnya.

Di akhir acara, kegiatan juga dilengkapi dengan pemberian hadiah. Bagi tukang suun yang berhasil menjawab pertanyaan mereka dihadiahi sepaket aksesoris Bali yang disponsori oleh Bara Silver, salah satu UMKM Bali dari Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Dalam kesempatan tersebut turut mensosialisasikan kebijakan strategis Gubernur Bali Pergub Nomor 46 Tahun 2021 tentang diskon pajak tahap 2. *des

Komentar